5 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

10 Juli 2018

Bangun pagi mungkin terasa sulit, terutama saat suasana di luar sedang dingin atau hujan dan selimut memberikan kehangatan pada tubuh. Tapi bagaimanapun, senyaman-nyamannya berada di dalam selimut, Anda tetap harus bangun pagi untuk menunjukkan kontrol dan disiplin diri dan memulai hari dengan semangat. Bangun lebih pagi tentu membuat Anda menjadi lebih siap untuk menjalani hari. Bahkan, selain itu ada 5 manfaat bangun pagi bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

5 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

5 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

5 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

1. Pola Makan yang Lebih Sehat

Sarapan adalah bagian terpenting setiap hari dan Anda tidak boleh melewatkannya. Makan sarapan sama halnya seperti menyalakan mesin pada diri Anda. Dengan bangun lebih lambat, kadang berarti Anda akan melewatkan sarapan  dan “mesin” pada diri Anda akan bekerja lebih lambat. Berbeda halnya jika bangun pagi, Anda tentu memiliki waktu yang cukup untuk sarapan. Kebiasaan sarapan tersebut tentunya akan membangun fondasi yang kuat untuk membangun kebiasaan makan yang sehat dan membuat Anda cenderung tidak makan “makanan sampah” di siang harinya.

2. Lebih Fokus

Studi telah menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih pagi akan menunjukkan tindakan dan kepercayaan yang lebih tinggi. Tentunya, Anda akan bisa berpikir lebih cepat dan lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan di pagi hari dibandingkan orang yang bangun lebih lambat.

3. Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Kegiatan pertama yang Anda lakukan ketika bangun tidur kadang akan mempengaruhi bagaimana Anda akan menghabiskan hari tersebut seharian penuh. Bangun pagi atau bangun lebih awal dapat mengurangi stres dan menciptakan sikap yang lebih positif. Dengan bangun lebih pagi juga akan menghilangkan kebiasaan “terburu-buru” karena Anda memiliki cukup banyak waktu.

4. Lebih Banyak Waktu Berolahraga

Berolahraga di pagi hari hari tentunya tidak akan mengganggu aktivitas, kerja, dan hubungan sosial Anda di sepanjang hari tersebut. Olahraga di pagi hari juga cenderung lebih jarang untuk dibatalkan dibandingkan olahraga di malam hari yang sering dibatalkan (dijadwal ulang) pada menit-menit akhir karena berbagai alasan seperti sedang kelelahan, mengantuk, dan lainnya. Dengan berolahraga di pagi hari, tentunya Anda akan memberi energi pada tubuh sehingga akan lebih siap untuk menjalani aktivitas seharian penuh.

5. Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Niat untuk bangun pagi dapat membuat Anda untuk tidur lebih awal. Dengan tidur lebih awal dan bangun pagi, Anda akan mengatur jam internal Anda ke rutinitas tertentu. Tidur lebih awal memungkinkan Anda untuk beristirahat dengan baik dan dapat memulihkan energi yang telah dihabiskan sepanjang hari.

Nah, itulah 5 manfaat bangun pagi bagi kesehatan. Tentunya, akan terasa sulit untuk memulai bangun pagi setiap, namun setelah Anda sudah terbiasa melakukannya, maka Anda dapat membuat hari-hari Anda menjadi lebih produktif dan lebih bahagia. Cobalah, semoga bermanfaat 😀

 

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+