5 Tanda Awal Hamil Kembar

12 Desember 2018

Satu-satunya cara untuk memastikan kehamilan kembar adalah dengan teknologi ultrasound. Namun, ada beberapa tanda awal yang mungkin mengarahkan Anda pada kemungkinan bahwa Anda hamil kembar. Jika ada merasakan 5 tanda awal hamil kembar ini, maka cobalah konsultasikan dengan dokter untuk memastikannya.

Gejala dan Tanda Awal Hamil Kembar

5 Tanda Awal Hamil Kembar

5 Tanda Awal Hamil Kembar

Beberapa tanda dan gejala awal umum terjadi pada semua kehamilan. Namun, beberapa di antaranya sering muncul jika Anda mengandung bayi kembar. Berikut ini gejala dan tanda awal hamil kembar.

1. Morning sickness yang parah

Morning sickness adalah kondisi mual di pagi hari pada masa awal kehamilan. Jika rasa mual terasa sangat parah, maka itu bisa jadi pertanda bahwa Anda mungkin mengandung bayi kembar. Sebuah tinjauan pada 2011 di Klinik Gastroenterologi Amerika Utara mencatat morning sickness (mual dan muntah pada masa kehamilan) selama trimester pertama kehamilan lebih sering terjadi pada wanita dengan kehamilan kembar. Bahkan, menurut MidlinePlus, Anda akan cenderung mengalami morning sickness paling parah yang disebut hiperemesis gravidarum.

2. Kelelahan yang ekstrim

Jika Anda mengalami kelelahan yang ekstrim selama masa kehamilan, maka kemungkinan besar Anda mengandung bayi kembar. Meskipun kelelahan adalah gejala awal kehamilan yang umum, menurut University of Rochester Medical Center, dikatakan kelelahan akan lebih parah pada beberapa wanita yang mengandung bayi kembar daripada mereka yang membawa satu janin tunggal. Selain itu, Obstetrics Beacher dan MacKay menulis bahwa wanita hamil dengan bayi kembar akan terus mengalami peningkatan kelelahan selama masa kehamilan.

3. Kelebihan berat badan

Menurut buku teks, Multiple Pregnancy: Epidemiology, Gestation and Perinatal Outcome, wanita yang mengandung bayi kembar memiliki kenaikan berat badan yang lebih cepat dan lebih awal pada kehamilan dibandingkan wanita hamil dengan satu bayi.

4. Tingkat HCG yang lebih tinggi

HCG merupakan hormon kehamilan. Jika tingkat hormon kehamilan Anda tinggi di awal kehamilan, maka kemungkinan besar Anda mengandung bayi kembar. HCG akan meningkat segera setelah Anda hamil dan menurut Manajemen Masalah Umum di Obstetri dan Ginekologi , cenderung lebih tinggi pada kehamilan dengan kembar dan kelipatan lainnya.

5. Tekanan darah tinggi

Menurut sebuah ringkasan oleh University of Rochester Medical Center, tekanan darah tinggi lebih sering terjadi dan cenderung muncul lebih awal pada kehamilan pada wanita yang mengandung bayi kembar.

Faktor Lain yang Memungkinkan Anda Hamil Kembar

Selain 5 tanda hamil kembar di atas, ada beberapa faktor dapat meningkatkan kemungkinan Anda hamil kembar, seperti:

Riwayat keluarga
Riwayat kembar pada riwayat keluarga Anda atau pasangan Anda dapat meningkatkan kemungkinan Anda sendiri untuk hamil dengan bayi kembar.

Riwayat kembar sebelumnya
Kesempatan memiliki anak kembar lebih besar jika Anda sudah pernah melahirkan bayi kembar.

Usia yang lebih tua
Kemungkinan hamil kembar akan meningkat seiring bertambahnya usia dan lebih mungkin terjadi pada wanita berusia di atas 30 tahun.

Nah, itulah 5 tanda awal hamil kembar dan faktor lain yang dapat meningkatkan kemungkinan hamil kembar. Dengan mengkombinasikan tanda awal hamil kembar dan faktor lain di atas akan meningkatkan kemungkinan Anda hamil kembar.

1 komentar pada artikel "5 Tanda Awal Hamil Kembar"

  1. desy berkata:

    wah ternyata itu tanda” jika seseorang sedang hamil kembar, tetapi biasaya seseorang hamil kembar jika mempunyai garis keturunan kembar dan bisa juga tidak ya. apa bisa faktor makanan juga mempengaruhi untuk hamil kembar

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+