8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencuci Mobil

26 Maret 2019

Musim hujan menimbulkan genangan dimana-mana, Anda sebagai pemilik mobil harus rajin-rajin mencuci mobil Anda agar selalu bersih. Anda tentunya tidak ingin mobil yang mahal itu jadi terlihat kotor karena cipratan lumpur dimana-mana.

Mau tidak mau, Anda harus sering mencucinya agar mobil tetap terlihat seperti baru. Sering keluar masuk tempat cuci mobil lama-lama akan mengganggu keuangan Anda. Jadi tidak ada salahnya jika Anda berinisiatif mencucinya sendiri.

Tunggu dulu. Sah-sah saja membersihkan mobil sendiri. Tapi jangan sembarangan ketika Anda mencucinya. Apa saja hal penting yang perlu diperhatikan ketika mencuci mobil sendiri? Yuk cek penjelasannya di bawah ini.

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencuci Mobil

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencuci Mobil

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencuci Mobil

1. Jangan mencuci mobil di bawah terik matahari

Mobil yang Anda cuci di bawah terik matahari bisa menyebabkan air yang semprotkan cepat mengering. Hal ini akan menimbulkan bercak-bercak air di mobil Anda. Karena itu, lebih baik Anda mencuci di tempat yang teduh. Atau jika tidak menemukan, Anda bisa memilih waktu pagi atau sore hari.

2. Menggunakan satu ember

Gunakanlah lebih dari satu ember, bisa dua atau bahkan lebih. Jika hanya satu ember, kotoran yang Anda bersihkan akan bercampur dengan air di ember.

3. Pemilihan sabun

Karena alasan menghemat, Anda jadi memilih sabun colek atau sabun cuci piring sebagai alternatif membersihkan mobil. Padahal ini salah besar, sebab kandungan pada sabun colek dan sabun cuci piring bisa menyebabkan kerusakan berat pada cat mobil. Jadi walaupun inigin berhemat, tetap pilih sabun yang khusus digunakan untuk mobil. Jangan sembarangan pilih sabun ya!

4. Menyemprotkan air ke bodi mobil

Menyemprotkan air ke seluruh bodi mobil adalah hal pertama yang Anda lakukan ketika mulai mencuci mobil. Sebelumnya, Anda harus pastikan jendela dan pintu tertutup rapat agar air tidak masuk ke dalam mobil. Tekanan air yang digunakan jangan terlalu kencang karena hal ini bisa merusak cat mobil Anda.

5. Bagian pertama yang harus dibersihkan

Bagian mobil yang paling kotor biasanya adalah bagian kolong. Oleh karena itu, bagian inilah yang Anda bersihkan terlebih dulu. Bagian bawah ini juga tempat mesin-mesin mobil. Jadi lebih baik, usahakan mesin mobil tidak dalam keadaan panas agar tidak ada bercak-bercak air yang tersisa.

6. Cara mengusap

Ketika menyabuni seluruh bodi mobil, mengusapnya dengan cara memutar dari atas ke bawah, bukan sebaliknya. Hal ini berguna untuk mencegah kotoran datang lagi ke bagian mobil yang sudah Anda bersihkan. Anda tentunya tidak mau hal itu terjadi kan? Perhatikan juga untuk jangan terlalu keras ketika mengusap agar bodi mobil tidak tergores.

7. Cara mengeringkan mobil

Pilih lap yang lembut, sepeti lap chamois atau micro fiber, untuk mengeringkan mobil. Salah pilih lap bisa membuat lecet dan gores pada bodi mobil Anda.

8. Bagian yang sering terlupakan

Sudah selesai mencuci mobil? Tunggu dulu, apakah karpet mobil, ban dan bagian velg sudah dibersihkan? Bagian-bagian ini sering terlupakan ketika Anda mencucinya sendiri. Velg dan ban mungkin Anda masih ingat. Tapi karpet? Jangan hanya karena bagian luarnya sudah bersih lantas Anda lupa dengan karpet mobil. Karpet mobil itu jadi pijakan setiap yang naik mobil. Kondisinya sama kotornya dengan kondisi di luar.

Nah, itu beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mencuci mobil sendiri. Intinya, jangan sembarangan ketika mencucinya. Dengan memperhatikan beberapa hal penting itu, Anda akan terhindar dari kerugian-kerugian yang bisa diakibatkan oleh prosedur mencuci yang salah.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+