Wajib Tahu! 9 Tips Liburan Seru dan Menyenangkan di Yogyakarta

7 Mei 2018

Yogyakarta memang tidak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. Banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi mulai dari wisata alam hingga wisata modern. Apakah Anda sedang berencana liburan ke Yogyakarta? Kalau begitu, simak baik-baik tips di bawah ini agar liburan Anda di Yogyakarta makin seru dan menyenangkan.

9 Tips Liburan Seru dan Menyenangkan di Yogyakarta

9 Tips Liburan Seru dan Menyenangkan di Yogyakarta

9 Tips Liburan Seru dan Menyenangkan di Yogyakarta

1. Hindari Akhir Pekan dan Musim Liburan

Agar liburan di Yogyakarta lebih nyaman, ada baiknya Anda menghindari momen-momen seperti akhir pekan dan musim liburan. Anda bisa terhindar dari macet dan bisa lebih santai saat menikmati berbagai pariwisata Jogja. Harga barang dan akomodasi pun lebih murah saat hari Senin hingga Kamis.

2. Pilih Penginapan Murah dan Nyaman

Anda bisa mendapatkan penginapan dengan berbagai harga sewa dan juga fasilitas yang berbeda-beda. Ada baiknya Anda memilih penginapan yang sesuai dengan budget Anda. Pastikan penginapan yang Anda sewa juga nyaman. Jika kebetulan Anda liburan dalam rombongan, lebih baik menyewa guest house saja.

Survei terlebih dahulu beberapa tempat penginapan yang mungkin akan Anda sewa. Pertimbangkan harga sewa dan fasilitas, serta letaknya dari berbagai lokasi pariwisata Jogja yang akan Anda kunjungi.

3. Perhatikan Cuaca dan Musim

Dalam perencanaan waktu perjalanan, perhatikan juga iklim dan cuaca. Musim kemarau biasanya berlangsung dari bulan Maret hingga bulan September. Menjelang Oktober, biasanya musim hujan mulai berlangsung hingga Februari. Saat musim hujan, biasanya curah hujan di Jogja cukup tinggi dan bisa berlangsung hingga tengah malam.
Jadi, Anda harus memperhatikan waktu Anda akan liburan di kota ini untuk mempersiapkan baju yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, informasi mengenai cuaca dan suhu juga bisa dijadikan patokan ke tempat wisata mana Anda akan berkunjung.

4. Membeli Oleh-Oleh? Gunakan Bahasa Jawa Halus

Ada baiknya Anda menggunakan Bahasa Jawa halus di saat menawar atau membeli makanan dan atau barang-barang lainnya seperti baju, aksesoris, dan lain-lain. Dijamin, harga yang akan Anda dapatkan bisa jauh lebih murah jika Anda bisa menawar menggunakan bahasa Jawa halus ini.

Selain itu, kalau bisa tawarlah barang dengan nominal di bawah atau maksimal 50% dari harga yang ditawarkan agar mendapatkan harga murah. Jangan lupa untuk membandingkan harga dari satu penjual ke penjual lain agar mendapatkan harga murah. Anda bisa membeli oleh-oleh di Malioboro dan Pasar Beringharjo yang terkenal lengkap.

5. Pilih Kendaraan Sesuai Kebutuhan

Saat Anda akan beranjak dari bandara maupun stasiun, Anda bisa menggunakan berbagai kendaraan yang sesuai kebutuhan Anda. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa merental mobil agar jalan-jalan makin fleksibel dan juga murah. Anda bisa menyewa mobil di sewa mobil Jogja OMOcars.

OMOcars menyediakan lebih dari 57 mobil rental baik matic maupun manual yang bisa Anda sewa secara online. Jadi, Anda bisa menyewa mobil secara praktis dengan syarat yang mudah dan secara online. Mobil pun langsung diantar ke bandara tempat Anda landing sebelumnya.

6. Manfaatkan Fasilitas Sarapan di Penginapan

Mungkin Anda akan sedikit sulit untuk menemukan restoran atau rumah makan yang sudah buka di pagi hari. Kecuali, jika Anda tidak berkeberatan untuk sarapan di pasar tradisional yang biasanya sudah buka di pagi hari ataupun warmindo yang biasanya buka 24 jam.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan fasilitas sarapan yang tersedia di penginapan. Selain lebih mudah untuk mendapatkannya, Anda juga bisa lebih menghemat pengeluaran. Maka, jangan ragu untuk memanfaatkan sarapan di penginapan.

7. Eksplor Wisata Kuliner

Anda bisa menikmati berbagai wisata kuliner yang tersedia di Yogyakarta. Memang banyak varian menu kuliner yang unik dan sangat patut untuk Anda coba. Misalnya, Anda bisa menikmati berbagai makanan yang jarang ditemukan di kota lain seperti gudeg, bakpia, sate klathak, dan lain sebagainya.

8. Kunjungi Tempat Wisata Populer

Banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Yogyakarta. Anda bisa mengunjungi wisata alam seperti Kalibiru, Pantai Goa Cemara, Pantai Indriyanti, dan berbagai wisata alam lainnya. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata yang sarat akan sejarah seperti Museum Vredeburg, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Museum Affandi, dan lain sebagainya.

Jika Anda tertarik ke wisata modern, Anda bisa mengunjungi Jogja Bay, XT Square, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menikmati keindahan Kota Jogja ini pada malam hari di tempat-tempat yang populer seperti Malioboro, Alun-Alun Utara, Alun-Alun Selatan, dan Tugu Jogja secara gratis.

9. Persiapkan Liburan Anda Sebaik Mungkin

Sebelum melakukan liburan di Yogyakarta, ada baiknya Anda mempersiapkan semua perlengkapan dengan baik agar liburan Anda nyaman dan menyenangkan. Yang paling penting adalah aspek akomodasi. Jika Anda ingin liburan sekeluarga, ada baiknya Anda menyewa mobil agar mobilitas Anda selama liburan lebih fleksibel dan mudah.

Saat ini menyewa mobil tidak lagi sesulit menyewa mobil secara konvensional. Anda bisa memesannya secara online dan gratis diantar sampai bandara. Seperti halnya liburan di Jogja, jika Anda berencana liburan ke luar negeri tanpa visa, persiapkan benar-benar agar liburan lancar dan nyaman.

Nah itu dia 9 tips yang bisa Anda lakukan saat liburan ke Yogyakarta agar liburan makin seru dan menyenangkan. Jika Anda ingin merental mobil untuk liburan, Anda bisa menyewa mobil yang nyaman dengan harga terjangkau di Omocars Jogja. Rental mobil Jogja tanpa uang jaminan dan deposit? Hanya di sewa mobil Jogja Omocars!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+