Apa Sih Guna Asam Folat dalam Suplemen Ibu Hamil?

19 Maret 2019

Di pasaran saat ini banyak beredar suplemen untuk ibu hamil yang didalamnya mengandung vitamin dan mineral penting. Suplemen ini bisa dibeli secara mandiri di apotek maupun melalui resep dokter. Salah satu kandungan yang selalu ada di dalam suplemen ibu hamil adalah asam folat. Asam folat juga menjadi kandungan bagi calon ibu yang ingin cepat memiliki momongan. Apa sebenarnya fungsi dari asam folat ini? Berikut ini adalah pentingnya asam folat untuk ibu hamil dan mau hamil yang perlu Anda ketahui.

Apa Sih Guna Asam Folat dalam Suplemen Ibu Hamil?

Apa Sih Guna Asam Folat dalam Suplemen Ibu Hamil

Apa Sih Guna Asam Folat dalam Suplemen Ibu Hamil

Asam folat sebenarnya adalah bagian dari vitamin B. Asam folat memiliki peranan penting untuk membentuk sel darah sehingga kebutuhan darah selama kehamilan dan sebelum kehamilan bisa terpenuhi dengan asupan asam folat yang cukup. Asam folat juga memiliki fungsi untuk menguatkan kandungan dan mencegah keguguran akibat lemahnya kandungan ibu. Sedangkan untuk janin dan bayi, asam folat memiliki peranan penting untuk perkembangan otak serta sumsum tulang belakangnya. Bayi dengan asupan asam folat yang kurang semasa dalam kandungan dapat mengakibatkan ia lahir cacat terutama di bagian otak dan tulang belakang. Beberapa kasus kekurangan asam folat juga menyebabkan keguguran atau bayi lahir prematur.

Betapa pentingnya asam folat dalam asupan nutrisi ibu hamil ini membuatnya selalu ada dalam suplemen ibu hamil. Sebuah suplemen tak bisa dikatakan sebagai multivitamin ibu hamil paling lengkap jika tak ada asam folat di dalamnya. Bahkan asam folat sendiri bisa ditemukan dalam sediaan tunggal dengan bentuk kapsul. Dokter kebidanan akan meresepkan 2 suplemen utama yaitu suplemen yang mengandung asam folat dan suplemen zat besi selama kehamilan. Kedua zat aktif tersebut bisa terdapat dalam satu sediaan tunggal namun bisa juga yang sudah berbentuk multivitamin dengan beberapa bahan aktif lainnya.

Bagi Anda yang sedang mengandung atau sedang mempersiapkan menjadi ibu, ada baiknya selalu membeli dan mengkonsumsi asam folat secara rutin. Dengan persiapan yang maksimal, kandungan dan janin juga dapat tumbuh dengan maksimal sehingga kesempatan bayi lahir normal akan lebih besar.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+