Bahaya Kelebihan Vitamin Ibu Hamil bagi Tubuh dan Janin

10 Februari 2019

Vitamin adalah nutrisi yang diperlukan bagi ibu hamil untuk kesehatan tubuh dan janinnya. Namun, bagaimana jika vitamin yang didapatkan ternyata berlebih? Tentu saja hal tersebut akan mengakibatkan bahaya bagi si ibu maupun janin yang dikandungnya. Berikut telah dirangkum 10 bahaya yang timbul akibat kelebihan vitamin ibu hamil.

Bahaya Kelebihan Vitamin Ibu Hamil bagi Tubuh dan Janin

Bahaya Kelebihan Vitamin Ibu Hamil bagi Tubuh dan Janin

Bahaya Kelebihan Vitamin Ibu Hamil bagi Tubuh dan Janin

1. Cacat Lahir pada Bayi

Asupan vitamin A untuk tubuh ibu hamil memang baik untuk perkembangan janin. Namun, bilaman dosis yang dikonsumsi berlebih akan mengakibatkan cacat lahir pada bayi. Tidak semua bentuk vitamin A bila dikonsumsi berlebih berisiko cacat lahir pada bayi. Bentuk vitamin A yang dikonsumsi berlebih akan menimbukan hal tersebut adalah preform.

2. Kelelahan

Konsumsi vitamin C secara berlebihan bagi ibu hamil dapat mengakibatkan kelelahan pada otot sehingga mengakibatkan sulit untuk tidur. Hal tersebut dapat mengakibatkan kesehatan dari tubuh ibu hamil dan janin akan terganggu.

3. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi akan muncul bilamana ibu hamil mengkonsumsi asam folat dalam dosis yang berlebih. Kandungan asam folat yang berlebih tersebut akan mengakibatkan ibu mudah marah serta emosi yang tidak terkendali. Hal tersebut akan mengancam tumbuh kembangnya janin dalam tubuh.

4. Keguguran

Dampak yang paling berbahaya bila mengkonsumsi vitamin A secara berlebih bagi ibu hamil adalah keguguran sehingga nyawa bayi yang berada dalam kandungan juga akan terancam. Hal ini disebabkan karena vitamin A yang dikonsumsi terlalu banyak akan berubah sifat menjadi toxic bagi janin di kandungannya.

5. Mual

Kelebihan vitamin ibu hamil yakni asam folat akan dapat mengakibatkan tingkat kesaman lambung pada ibu yang sedang hamil meningkat. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya mual, ingin muntah, mulut terasa pahit, dan keringat dingin. Tentunya ini juga akan mengganggu kehamilan dari sang ibu.

6. Hilangnya Nafsu Makan

Hilangnya nafsu makan pada ibu hamil dapat diduga karena konsumsi vitamin A yang secara berlebihan. Kondisi tersbut akan berdampak buruk pada janin yang terdapat dalam kandungan karena membuat nutrisi dari makanan sehat akan terkendala masuk ke dalam tubu sang ibu.

7. Penggumpalan Darah

Vitamin C yang mempunyai fungsi untuk memperlancar peredaran darah bilamana dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan bagi ibu yang sedang hamil, akan mengakibatkan penggumpalan pada darah. Hal tersebut sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh ibu maupung janin yang terdapat dalam kandungannya.

8. Merusak Embrio Janin

Bagi ibu hamil yang menerima asupan dari vitamin A secara berlebihan yakni pada rentang 10.000 IU hingga 30.000 IU setiap harinya, akan dapat meningkatkan risiko terjadinya efek teratogenik. Efek tersebut dapat menyebabkan perkembangan embrio sel yang tidak normal selama kehamilan atau dapat merusak embrio janin.

9. Meningkatkan Risiko Autisme pada Anak

Folat yang pada dasarnya merupakan vitamin B alami yang diperlukan untuk ibu hamil dan janinnya. Namun, kelebihan mengkonsumsi asam folat tersebut dapat mengakibatkan anak yang dikandungnya mengalami risiko autisme hingga tiga kali lipat. Ketika asam folat terlalu tinggi, risiko tersebut meningkat hingga 17,6 kali.

10. Kerusakan Hati

Zat besi yang sangat dibutuhkan oleh Anda, ibu hamil bila dikonsumsi secara berlebihan akan membahayakan bagi tubuh. Bahaya yang dapat ditimbukan adalah kerusakan hati. Bilamana kondisi tersebut tidak segera ditangani, akan mengakibatkan terbentuknya jaringan parut permanen pada hati sehingga meningkatkan risiko kanker hati.

Bagi Anda yang sedang hamil atau mengandung buah hati, konsumsi vitamin yang diperlukan untuk tubuh secara cukup, jangan belerbihan. Mengkonsumsi vitamin ibu hamil dengan cukup akan membuat kesehatan Anda dan janin Anda baik dan sehat.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+