Bahaya Sering Menahan Kencing Terlalu Lama

18 Juli 2018

Anda mungkin pernah merasakan ingin kencing namun karena satu dan lain hal di luar kendali akhirnya memutuskan untuk menahan kencing dalam waktu yang lama, seperti misalnya menahan kencing saat terjebak dalam macet atau sedang dalam pertemuan dengan atasan. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan menahan kencing terlalu lama dapat berbahaya bagi kesehatan. Berikut ini beberapa bahaya sering menahan kencing terlalu lama.

Bahaya Sering Menahan Kencing Terlalu Lama

Bahaya Sering Menahan Kencing Terlalu Lama

Bahaya Sering Menahan Kencing Terlalu Lama

1. Nyeri

Menahan kencing dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan dapat menimbulkan rasa nyeri. Siapa pun yang pernah menahan kencing dalam waktu yang lama pasti setuju bahwa menahan kencing terlalu lama dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri. Rasa sakit atau nyeri yang dirasakan beragam dari ringan hingga berat.

2. Kehilangan Konsentrasi

Menahan kencing dalam waktu yang lama dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi. Kehilangan konsentrasi ini bisa menjadi hal yang sangat berbahaya jika Anda sedang melakukan aktivitas seperti mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin berat. Mengendarai kendaraan sambil menahan kencing dikatakan sama berbahayanya dengan berkendara saat mabuk karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan dapat mengganggu kesadaran seseorang.

3. Hilangnya Kontrol Kandung Kemih

Terlepas dari bahaya yang sudah disebutkan sebelumnya, menahan kencing terlalu lama juga memiliki risiko kesehatan yang sangat parah jika terlalu sering dilakukan. Berdasarkan penelitian, menahan kencing terlalu lama dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai voiding dysfunction. Voiding dysfunction adalah hilangnya kendali terhadap kandung kemih. Kondisi ini terjadi sebagai akibat dari terlalu banyaknya tekanan pada kandung kemih ketika menahan kencing dalam waktu yang lama. Bila terlalu banyak tekanan pada kandung kemih, maka kandung kemih akan membesar sehingga menyebabkan sfingter menjadi tidak menentu dan tidak dapat melakukan tugasnya dengan benar, menyebabkan hilangnya kontrol pada kandung kemih.

4. Retensi Urin

Retensi urin adalah kondisi dimana seseorang merasa sulit buang air kecil. Hal ini terjadi sebagai akibat dari beberapa faktor. Salah satu penyebab retensi urin adalah terlalu sering menahan urin dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, tidak hanya dapat menyebabkan retensi urin, menahan kencing terlalu lama juga bisa menyebabkan infeksi pada kandung kemih. Menurut para ahli, semakin lama kencing disimpan di kantung kemih, maka semakin banyak bakteri yang akan berkembang biak di dalamnya. Jika dibiarkan dan bakteri terus berkembang biak, maka bisa mengakibatkan infeksi kandung kemih yang serius (infeksi kandung kemih merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit ginjal).

Nah, itulah beberapa bahaya sering menahan kencing terlalu lama. Dengan segala bahaya yang bisa ditimbulkannya, sudah seharusnya Anda segera ke toilet terdekat jika merasa ingin kencing atau buang air kecil. Selain itu, jika Anda kebetulan sedang dalam keadaan yang memang tidak bisa dipaksakan untuk buang air kecil (kencing), maka usahakan untuk menghindari terlalu banyak minum karena semakin banyak air yang Anda minum maka semakin banyak urin yang akan dihasilkan oleh tubuh.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+