Cara Mengatasi Bayi yang Susah Makan

1 Mei 2018

Cara Mengatasi Bayi yang Susah Makan – Susah makan tidak hanya dialami oleh anak-anak namun juga pada bayi. Banyak faktor yang menyebabkan bayi susah makan. Salah satunya sinyal terjadinya penyakit berbahaya didalamnya. atau ada pula faktor kecil lainnya yang menyebabkan susah makan pada bayi. seperti merasa bosan dengan menu MPASI yang disajikan atau karena suasana makan yang tidak menyenangkan. maka penting sekali mengatasi masalah ini untuk mengantisipasi kekurangan gizi si kecil.

Mengatasi susah makan pada bayi sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menciptakan suasana makan yang menyenangkan. bayi memang perlu beradaptasi dengan makanan yang disajikan selain ASI. Jika susah makan pada bayi tidak segera ditangani dikhawatirkan akan menyebabkan kekurangan gizi atau munculnya berbagai penyakit berbahaya. Berikut berbagai cara mudah untuk mengatasi susah makan pada bayi yang bisa anda coba.

Berbagai Cara Mengatasi Bayi yang Susah Makan

Cara Mengatasi Bayi yang Susah Makan

Cara Mengatasi Bayi yang Susah Makan

1. Sajikan makanan dalam porsi kecil

Lambung bayi masih sangat kecil dan belum menampung banyak makanan. Jika bayi sudah dalam tahapan MPASI sebaiknya jangan hidangkan makanan dalam porsi besar. makanan dengan porsi besar akan membuat ia malas makan dan jenuh. Untuk menyiasatinya anda wajib mengurangi porsi makannya namun tambahkan frekuensi pemberian makannya agar kebutuhan nutrisinya tercukupi.

2. Buat variasi makanan

MPASI yang tidak berubah akan membuat bayi merasa bosan. Biarkan bayi memilih makanan yang ia sukai dengan rutin memberikan variasi MPASI. Banyaknya pilihan makanan akan membuat bayi lebih suka dan bersemangat. Anda bisa mempraktikkan cara membuat MPASI dengan kombinasi tertentu. Seperti buah, sayur, daging, dan lain-lain. Selain itu cukupi kebutuhan ASI nya untuk mengcover kebutuhan nutrisi bayi.

3. Buat kondisi makan yang menyenangkan

Orangtua yang baik tidak akan mengancam dan menakut-nakuti anak agar mau makan. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan gangguan psikis pada bayi. Sebaiknya buat kondisi makan dengan cara yang menyenangkan. Sembari menyuapi si kecil anda bisa melakukan interaksi kecil sehingga suasana makan menjadi lebih menyenangkan. Minimalkan gangguan selama proses makan.

4. Gunakan piring berwarna cerah

Banyak penelitian yang membuktikan warna cerah bisa membangkitkan nafsu makan anak. Oleh sebab itu anda bisa mencoba memberikan warna cerah pada piring makan bayi Anda. Warna yang cukup efektif untuk membangkitkan nafsu makan antara lain oranye, kuning, merah, dan sebagainya. Warna-warna ini juga akan membuat suasana hati lebih bahagia dan nafsu makan lebih meningkat.

5. Batasi pemberian minum di sela makan

Jika bayi sering minum di sela-sela makannya akan membuatnya cepat merasa kembung dan membuatnya lebih sulit makan. Oleh sebab itu anda sebaiknya membatasi pemberian minum di sela-sela makannya. Cara ini sangat baik untuk mencukupi asupan nutrisi bayi selama proses MPASI.

Demikian beberapa cara mengatasi bayi yang susah makan. Semoga membantu memberikan solusi terhadap masalah susah makan bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+