Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

4 Mei 2018

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi – Biasanya bayi yang baru berusia 0 bulan sampai 1 tahun kerap mengalami masalah biang keringat. Masalah ini biasanya muncul dengan tanda-tanda bintik merah pada kulit, dada dan wajahnya disertai rasa panas dan gatal. Biang keringat bukanlah masalah sepele. Bahkan ia mampu menimbulkan resiko fatal jika dibiarkan tanpa perawatan. Penyebab biang keringat bermacam-macam. Biasanya disebabkan faktor kelembaban suhu yang terlalu tinggi. Selain itu faktor kebersihan juga turut mempengaruhi.

Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan bedak khusus biang keringat atau dengan berbagai bahan alami yang ada disekitar kita. anda memerlukan bahan-bahan yang sifatnya mendinginkan kulit. Selain itu gunakan bahan yang tidak terlalu berat kandungannya karena kulit bayi masih bersifat sensitif. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami dibawah ini untuk mengatasi biang keringat. Berikut ulasan selengkapnya untuk mengatasi biang keringat pada bayi.

Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

1. Tepung kanji

Tepung kanji bermanfaat mendinginkan kulit secara sempurna sehingga biang keringat bisa diatasi secara mudah. Rasa gatal juga bisa diminimalisir dengan baik dengan tepung kanji ini. Sebaiknya bayi dimandikan terlebih dulu sebelum menggunakan tepung kanji. Balurkan tepung kanji dengan sedikit air dan balurkan pada kulit bayi yang sedang tidak dalam kondisi berkeringat.

2. Daun tembelekan

Tanaman dengan nama latin Lantana Camara Linn ini mampu menjadi solusi biang keringat pada bayi. Anda bisa merebus daun tembelekan sebanyak satu genggam kemudian tambahkan 3 gelas air dan rebus selama 15 menit. Basuhkan air rebusan ini ke tubuh bayi yang terkena biang keringat secara rutin. Kandungan anti bakterinya sangat efektif mengatasi biang keringat secara cepat.

3. Daun krokot

Daun krokot biasanya tumbuh di sekitar pekarangan rumah. Tanaman bernama latin Portulaca Oleracea ini bisa dimanfaatkan untuk meredakan biang keringat secara alami. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan minumkan pada bayi setelah dingin. Air rebusan ini tetap aman dikonsumsi bayi dan efektif menyembuhkan biang keringat dari dalam tubuh secara alami.

4. Kacang hijau

Tumbuk 1 ons kacang hijau hingga halus kemudian seduh dengan air panas. Setelah agak dingin anda bisa meminumkannya pada anak setiap 3 kali sehari. Kacang hijau bisa menjadi bahan pengobatan biang keringat dari dalam. Kandungan alaminya mampu mengatasi kelebihan keringat dan mengikis kandungan bakteri penyebab biang keringat.

5. Mentimun

Kandungan alami didalam mentimun sangat efektif menyegarkan kulit dan menenangkan kulit tubuh. mentimun dihaluskan dan gunakan untuk membaluri seluruh kulit bayi secara merata. Biarkan selama 5 menit hingga airnya meresap kemudian bersihkan dengan air bersih. Mentimun juga memiliki anti bakteri alami sehingga efektif mengikis bakteri penyebab biang keringat pada bayi.

Demikianlah berbagai tips mengatasi biang keringat pada bayi. selain itu upayakan agar pakaian dan tempat tidurnya tidak dalam kondisi lembab dan selalu kering untuk memaksimalkan pengobatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+