Cara Mengatasi Cacar Air Pada Bayi

10 Mei 2018

Cara Mengatasi Cacar Air Pada Bayi – Infeksi virus varicella zoster menyebabkan cacar air pada bayi hingga anak-anak. Penyakit ini merupakan jenis penyakit menular yang efeknya penularannya lebih cepat dari jenis penyakit lainnya. Cacar air juga bisa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang terinfeksi virus namun bisa sembuh dengan sendirinya ketika sistem kekebalan tubuh bayi berhasil menghalau virus penyebab cacar. Kemungkinan besar penyakit ini hanya bisa dialami anak-anak sekali seumur hidupnya.

Kendati demikian anda wajib mengetahui apa saja cara yang tepat untuk mengatasi cacar air. jangan sampai virus cacar ini semakin parah dan menyebabkan infeksi pada kulit dan area lainnya. Mengatasi cacar air pada anak sebenarnya cukup mudah dilakukan. Anda tidak perlu panik terlebih dulu. Cukupi kebutuhan air dan ASI buah hati dan gunakan obat khusus untuk meminimalisir infeksi kulitnya. Berikut beberapa tips mudah mengatasi cacar air pada bayi yang bisa anda ketahui.

Tips Mengatasi Cacar Air Pada Bayi

Cara Mengatasi Cacar Air Pada Bayi

Cara Mengatasi Cacar Air Pada Bayi

1. Berikan minum yang cukup

Jika bayi terkena cacar air sebaiknya berikan asupan cairan yang cukup. Anda bisa memberinya air putih jika bayi sudah dalam tahapan MPASI. Atau maksimalkan pemberian ASI pada bayi untuk mencukupi kebutuhan cairannya. ASI juga bermanfaaat sebagai formula alami untuk meningkatkan kekebalan bayi terhadap virus. Selain itu ASI juga bermanfaat untuk mencegah infeksi virus agar tidak semakin parah.

2. Hindari makanan asin

Saat bayi terkena cacar sebaiknya hindari makanan dengan rasa asin karena akan menyebabkan mulut sakit dan rasa panas lebih terasa. makanan asin juga akan membuat bayi menjadi lemah. Jika masih dalam tahapan menyusui sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan yang terlampau asin pula karena akan berpengaruh terhadap kondisi ASI yang anda berikan.

3. Calamine untuk mengobati rasa gatal

Cacar akan membuat rasa gatal yang kuat dan bisa menyebabkan terkena infeksi parah. Anda bisa memberikan bedak dengan kandungan calamine untuk membuat bayi merasa tenang. Oleskan bedak atau krim calamine ini agar kulit bayi terasa nyaman. Usahakan area ini tidak tersentuh sehingga kinerja krim atau bedak ini lebih maksimal.

4. Berikan pakaian yang nyaman

Cacar air menyebabkan bintik dalam jumlah banyak di kulit anak. Hal ini menyebabkan terjadinya rasa gatal saat terkena pakaian. Agar bayi tidak merasakan gatal berikan pakaian yang longgar dengan bahan yang menyerap keringat. Pakaian dengan bahan katun sangat efektif mencegah terjadinya rasa gatal dan membuat kulit tidak mudah terkontaminasi virus secara menyeluruh.

5. Jangan memandikan bayi

Selain itu jangan memandikan bayi dengan air panas atau dingin karena akan menyebabkan pembuluh darah lebih kecil efeknya rasa dingin akan terasa sehingga tubuh menjadi tidak nyaman. Jika terus dilanjutkan dikhawatirkan bayi akan mengalami kehilangan fungsi suhu tubuh dan penyakit cacar akan lebih parah.

Demikian beberapa cara mengatasi cacar air pada bayi. selain pengobatan dari luar anda bisa melakukan pengobatan dari dalam dengan anjuran dokter. Semoga bermanfaat.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+