Cara Mengurus STNK Hilang dengan Benar dan Aman 

3 Maret 2019

Ketika Anda membawa kendaraan tanpa adanya STNK akan berisiko terganggunya perjalanan jika ada pemeriksaan, terlebih saat lintas kota. Jika Anda mengalami masalah STNK karena kehilangan segera lakukan pengurusan. Berikut ini cara mengurus STNK hilang dengan benar dan aman.

Cara Mengurus STNK Hilang dengan Benar dan Aman

Cara Mengurus STNK Hilang dengan Benar dan Aman

Cara Mengurus STNK Hilang dengan Benar dan Aman. Photo by moneysmart.id

1. Laporan Kehilangan

Langkah pertama yang dilakukan saat kehilangan STNK adalah membuat surat laporan kehilangan. Laporan dibuat di kantor polisi terdekat sesuai tempat kehilangannya atau sesuai dengan alamat di KTP. Surat kehilangan ini tentunya meminta nomor plat motor Anda. Penting sekali untuk memiliki fotokopi STNK agar saat kehilangan lebih mudah mengurusnya.

2. Menyiapkan Berkas

Setelah selesai pengurusan surat kehilangan ke kantor polisi terdekat, siapkan berkas lainnya yang diperlukan sebagai persyaratan administratif. Berkas yang perlu dipersiapkan sebagai cara mengurus STNK hilang adalah KTP dari pemilik kendaraan.

Siapkan KTP yang asli dan fotokopi. Jangan lupa melampirkan surat kehilangan dari kepolisian yang aslinya. Fotokopi jika Anda perlu arsip pertinggal pribadi. Lalu siapkan BPKB motor tersebut yang asli dan fotokopinya. Gabungkan semua berkas ke dalam satu map agar tidak ada yang tercecer dan lebih mudah dalam pengurusan.

3. Kantor SAMSAT

Setelah semua berkas selesai Anda tinggal membawanya ke kantor SAMSAT untuk melakukan pengurusan selanjutnya. Saat tiba di kantor SAMSAT Anda bisa langsung ke bagian cek fisik kendaraan. Pastikan motor dalam keadaan yang lengkap untuk melakukan cek fisik artinya harus menggunakan dua spion dan bodi yang cukup.

Dari hasil cek fisik tersebut akan didapatkan nomor pada rangka dan mesin motor. Nomor ini menjadi syarat untuk pengurusan STNK yang hilang atau pun tidak. Setelah mendapatkan surat cek fisik tersebut fotokopi sesuai dengan persyaratan dan tinggalkan untuk arsip Anda.

Selanjutnya pergi ke loket SAMSAT sesuai dengan keperluan Anda dan ambil formulir yang perlu diisi untuk pengurusan. Isi formulir dengan lengkap jangan sampai melakukan kesalahan. Satukan semua berkas dalam satu map dan berikan ke bagian pelayanannya.

4. Cek Blokir

Pengurusan STNK yang hilang perlu dilengkapi dengan berkas cek blokir. Tujuannya untuk memastikan kendaraan yang Anda miliki tidak masuk dalam daftar pencarian kendaraan curian. Mengingat hal ini bisa saja terjadi karena dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Gabungkan juga berkas ini dengan berkas lainnya saat pengurusan STNK.

5. Pembayaran STNK

Perlu Anda ketahui saat melakukan pengurusan STNK yang hilang juga memerlukan biaya seperti pengurusan STNK baru. Anda akan dikenakan tarif sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Tarif juga sesuai dengan STNK dari jenis kendaraannya. Lakukan pembayaran sesuai dengan yang diinstruksikan. Jangan lupa untuk memfotokopi bukti pembayarannya.

6. Pengambilan STNK

Begitu selesai melakukan pembayaran Anda tinggal menunggu informasi lanjutan pengambilan STNK. Biasanya akan diminta untuk menunggu. Lama waktu menunggunya tergantung dari banyaknya antrean di hari tersebut. Anda akan dipanggil di loket yang berbeda untuk pengambilan STNK yang sudah selesai.

7. Pengurusan Surat Kuasa

Jika pengurusan STNK ini dilakukan oleh wakil atau anggota keluarga karena alasan tertentu maka Anda perlu melampirkan surat kuasa. Format suratnya bisa dilihat di papan informasi pelayanan SAMSAT. Anda tinggal mengikutinya dan disertai dengan materai 6000.

Cara mengurus STNK hilang sebaiknya dilakukan sendiri tanpa menggunakan perantara agar Anda tidak mengeluarkan banyak duit. Sebelum melakukan pengurusan cek terlebih dahulu dengan sangat teliti keberadaan dari STNK Anda. Jika memerlukan informasi lain terkait mobil bisa dengan mengunjungi mobil88.astra.co.id.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+