Cara Mudah Menidurkan Bayi dengan Cepat

2 September 2018

Cara Mudah Menidurkan Bayi dengan Cepat – Sama halnya dengan orang dewasa bayi juga kerap mengalami sulit tidur. Jika hal ini terus dialami akan mengganggu tumbuh kembangnya. Padahal tidur merupakan poin penting untuk memacu pertumbuhan tulang dan syaraf bayi. Penyebab bayi tidak tidur secara lelap bisa jadi karena faktor eksternal seperti suara yang bising atau kondisi ruangan yang panas. Maka dari itu upayakan Anda menempatkan bayi dalam situasi yang nyaman.

Selain itu bisa juga karena faktor interen bayi seperti buang air, atau gangguan penyakit tertentu yang membuat bayi lebih rewel. Oleh sebab itu Anda wajib mengidentifikasi terlebih dulu penyebab bayi susah tidur kemudian lakukan langkah yang tepat untuk mengatasinya. Anda tidak perlu panik terlebih dulu jika bayi sulit tidur. Cobalah kenali penyebabnya dan lakukan beberapa cara mudah menidurkan bayi yang selengkapnya akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Tips Menidurkan Bayi dengan Cepat

Cara Mudah Menidurkan Bayi dengan Cepat

Cara Mudah Menidurkan Bayi dengan Cepat

1. Jangan melakukan kontak mata dengan bayi

Kontak mata dengan bayi akan mengurangi rasa kantuknya. Hal ini disebabkan daya visual mata ke otak akan terkembang sehingga bayi tidak merasa mengantuk. Agar bayi cepat tertidur sebaiknya jangan memandang bagian mata bayi namun biarkan mata bayi mengarah ke arah yang ia senangi agar rasa kantuknya cepat datang.

2. Mandikan bayi

Cobalah memandikan bayi dengan air hangat atau mengelap tubuhnya dengan air untuk menghilangkan rasa panas dan berkeringat. Cara ini juga efektif untuk mencegah terjadinya biang keringat dan membuat bayi lebih rileks. Jika bayi merasa nyaman makan akan cepat tertidur lelap. Tubuh bayi lebih bersih dan ia akan merasa nyaman ketika beristirahat.

3. Ibu ikut tidur bersama

Kualitas tidur bayi lebih bagus jika sang ibu tidur bersamanya. Anda bisa mencoba menidurkan bayi sembari Anda berbaring di ranjang yang sama. Bayi menjadi lebih tenang dan tidak terlalu cemas. Rasa nyaman yang dirasa bayi akan membuatnya tertidur pulas. Anda bisa melakukan cara ini sembari memberikannya ASI agar tidak rewel. Namun cara ini sebaiknya jangan dibiasakan karena menyebabkan bayi menjadi lebih manja dan rewel.

4. Membedong bayi

Membedong bayi juga bisa menjadi pilihan menidurkannya secara lebih cepat. Bedong bayi efektif untuk bayi yang baru lahir. Jangan memberikannya selimut yang longgar karena bisa menutup wajah dan menyebabkan bayi sesak nafas. Menggendong bayi akan membuat tubuhnya lebih hangat seperti halnya didalam rahim. Cara ini hanya bisa dilakukan ketika bayi berumur 2-3 bulan saja.

5. Gunakan humififier di kamar bayi

Ciptakan suasana yang nyaman untuk ruang tidur bayi dengan humidifier. Cara ini efektif menjaga kamar bayi tetap sejuk dan hangat. Selain itu cara ini juga bermanfaat untuk melindungi fungsi paru-paru bayi. jika bayi sudah berusia 6 bulan sebaiknya jangan tambahkan aromaterapi seperti lavender. Humidifier hanya disarankan untuk bayi yang berumur kurang dari 6 bulan.

Demikian beberapa tips mudah menidurkan bayi dengan cepat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+