Cara Mudah Menjaga Kehamilan yang Masih Muda

20 Januari 2019

Cara Mudah Menjaga Kehamilan yang Masih Muda – Kehamilan yang masih dalam usia awal memang rentan mengalami berbagai gangguan. Pada fase ini ibu hamil lebih ringkih terhadap bakteri, virus hingga berbagai masalah lainnya. Janin sedang dalam proses pertumbuhan sehingga mewajibkan ibu hamil menjaga pola makan dan asupan nutrisinya. Oleh sebab itu Anda wajib menjaga kehamilan muda ini semaksimal mungkin agar Anda dan janin dalam kandungan tumbuh sehat hingga persalinan nanti.

Selain menjaga asupan makanan, Anda wajib menghindari alkohol dan asap rokok. Keduanya merupakan hal yang menjadi penyebab utama bayi mengalami keguguran atau cacat lahir. Selain itu olahraga hingga aktif melakukan gerakan-gerakan ringan juga memberikan pengaruh yang signifikan untuk kesehatan Anda dan janin yang dikandung. Berikut beberapa tips menjaga kehamilan muda yang bisa Anda coba lakukan.

Tips Menjaga Kehamilan yang Masih Muda

Cara Mudah Menjaga Kehamilan yang Masih Muda

Cara Mudah Menjaga Kehamilan yang Masih Muda

1. Penuhi nutrisi makanan

Pada tahap kehamilan muda Anda wajib menjaga asupan nutrisi makanan secara sempurna. Pada proses ini Anda bayi sedang mengalami perkembangan otak, jaringan tubuh dan berbagai organ lainnya sehingga memerlukan nutrisi ekstra untuk mendukung perkembangannya. Selain itu nutrisi yang cukup juga menurunkan resiko anemia pada ibu hamil. Cukupi makanan yang kaya protein, mineral dan vitamin serta asam folat untuk mendukung perkembangan janin.

2. Hindari semua jenis makanan mentah

Makanan mentah masih memiliki bakteri dan virus sehingga tidak baik untuk ibu hamil. Misalnya sushi, aneka lalapan, dan berbagai jenis makanan yang masih mentah lainnya. Jika ibu hamil mengkonsumsinya akan lebih rentan terkena infeksi bakteri. Bayi juga memiliki kondisi yang sensitif terhadap bakteri. Jika sering mengkonsumsi jenis makanan ini bisa menjadi penyebab bayi keguguran.

3. Menjaga gerakan yang ringan untuk tubuh

Kebiasaan terlalu malas bergerak pada kehamilan muda bisa menjadi penyebab persalinan terhambat. Memang banyak ibu hamil yang terlalu takut untuk bergerak akan tetapi bukan berarti Anda menjadi pasif. Gerakan ringan akan mendorong perkembangan janin dan sistem peredaran darah lebih lancar. Gerakan-gerakan ringan juga bisa menjadi sumber energi dan mencegah ibu hamil terkena sakit punggung.

4. Menghindari makanan laut dalam jumlah besar

Makanan-makanan hasil laut memang lezat dan kaya nutrisi. Sesekali Anda boleh mengkonsumsi makanan laut namun sebaiknya batasi konsumsi makan ikan seperti tuna, makarel, lobster dan kerang. Jenis ikan tersebut mengandung merkuri dan dikhawatirkan janin terkontaminasi kandungan merkuri dalam ikan. Oleh karena itu batasi konsumsi makanan laut selama hamil muda.

5. Hindari rokok dan asap rokok

Ibu hamil sebaiknya menghindari rokok dan asapnya. Baik itu perokok pasif maupun aktif sama membahayakan untuk kesehatan kehamilan Anda. janin bisa terinfeksi saluran pernafasannya serta menyebabkan bayi lahir prematur dengan berat badan rendah. Asap rokok juga bisa menyebabkan gangguan kehamilan seperti ektopik, plasenta rendah dan pendarahan pada persalinan.

Demikian beberapa cara menjaga kehamilan muda agar tetap sehat. Semoga bermanfaat dan semoga kehamilan Anda lancar sampai persalinan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+