Cek Jenis Aki di Toko Aki Mobil Langganan

9 Desember 2018

Ayo cek jenis aki di toko aki mobil langganan Anda sebelum membeli yang baru, seperti produk-produk lainnya, aki mobil juga memiliki jenis yang beragam. Aki menjadi bagian terpenting pada kendaraan, penggunaan aki membantu mesin menjalankan fungsinya. Jika Anda masih awam seputar dunia otomotif, jangan coba-coba membeli perlengkapan mobil tanpa bantuan ahlinya. Seperti dokter, ahli otomotif sudah tahu dimana letak bagian mesin yang bermasalah. Ingin membeli aki baru untuk mobil Anda? berikut ciri-ciri dan jenis aki mobil yang sering digunakan. Salah satu jenis aki yang paling mudah ditemukan yakni aki basah. Jenis aki ini dijual hampir di seluruh toko sparepart mobil. Tipe ini menjadi tipe yang standar digunakan pada berbagai versi kendaraan bermotor termasuk yang memiliki beban berat seperti truk pengangkut kontainer dan alat berat. Ciri-ciri produk aki basah, mengandung asam sulfat H2SO4 dengan kadar tertentu. Cairan asam membedakan antara jenis aki basah dan aki kering.

Apa saja keuntungan memakai aki basah dibanding aki jenis lain? Karena mudah sekali ditemukan di pasaran, Anda tidak perlu mencari jauh-jauh ke kota lain. Daya tahan aki basah jauh lebih lama, dengan perawatan yang maksimal sehingga dapat dipakai berulang kali. Sayangnya selalu ada kekurangan dari kelebihan sebuah produk, berikut kelemahan aki basah yang harus diperhatikan sebelum penggunaan.

Cek Jenis Aki di Toko Aki Mobil Langganan

Cek Jenis Aki di Toko Aki Mobil Langganan

Penggunan jenis aki mobil basah dalam jangka yang panjang dapat merusak beberapa komponen lain disekitarnya. Kandungan elektrolit pada cairan aki sangat mudah menguap. Apabila terjadi kesalahan pada perawatan maupun penempatan aki, bisa-bisa cairan goyang dan tumpah diatas komponen mesin. Jangan meremehkan kekuatan cairan elektrolit pada aki, sifat asamnya yang tinggi sangat mudah menimbulkan korosif. Sifat korosi ini menyerang komponen-komponen yang terbuat dari logam, khusunya besi dan aluminium. Besi yang sudah terkena korosi akan mudah lapuk dan rusak, akibatnya sangat berbahaya pada mesin mobil Anda. Berikutnya, jenis aki yang umumnya tersedia di toko aki mobil adalah aki maintenance free atau bisa juga disebut aki kering. Jenis aki kering terbaik disediakan oleh NSbattery, industri aki mobil ternama ini telah memproduksi aki berkualitas yang mendunia. Aki kering tidak kalah populer dari aki basah, orang-orang di indonesia banyak menggunakannya untuk kendaraan mereka. Meskipun dinamakan dengan aki kering, namun sebenarnya di dalam aki tersebut tidak benar-benar kering. Artinya masih terkandung elektrolit pada aki jenis ini.

Perbedaan antara jenis aki kering dan aki basah terletak di bagian permukaannya, di bagian permukaan aki kering diberi tutup segel super kuat yang tujuannya mencegah elektrolit goyang dan tumpah ke bagian lain. Aki maintenance free NSbattery memiliki sejumlah keunggulan, keberadaan segel kuat di permukaan aki dapat mencegah resiko cairan aki tumpah di badan mesin. Tidak seperti aki basah, aki kering tidak membutuhkan perawatan berkala. Cairan elektrolit aki kering tidak perlu diganti atau diisi ulang, sangat pas untuk Anda yang sibuk mengurus pekerjaan. Sayangnya jenis aki kering tidak dapat terbebas dari kekurangan. Bagi Anda yang tidak punya budget khusus untuk pembelian sparepart mobil, kami sarankan jangan membeli aki jenis maintenance free. Keunggulan aki kering sebanding dengan harga jualnya, tidak salah jika harga produk ini cukup tinggi. Jenis aki kering tidak bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama, lagipula pengguna harus membeli yang baru jika aki mobilnya sudah melemah, tidak seperti aki basah yang bisa diisi ulang.

Ternyata toko aki mobil tidak cukup menyediakan jenis aki basah dan aki kering, berikut list jenis aki yang belum banyak diketahui:

  • Aki kalsium, jenis aki ini tidak banyak dibahas di internet. Keberadaanya pun jarang ada di pasaran, cukup sulit menemukan jenis aki yang satu ini. Hampir sama dengan aki basah, bedanya terletak di bagian panel kutub baterai. Pada jenis aki kalsium, kutub positif-negatif terbuat dari kalsium sehingga lebih kuat dan tidak mudah terlepas.
  • Jenis aki yang juga belum terlalu populer di pasaran yakni jenis aki hybrid. Aki tipe ini memakai teknologi kombinasi antara aki basah dan kalsium. Jika dibandingkan secara kualitas, aki hybrid lebih bagus dibanding aki basah. Keunggulannya terletak pada masa pakai, aki jenis hybrid dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu sering diganti.
  • Tipe aki yang sangat menarik dari tipe-tipe lainnya, yaitu aki gel. Dari semua jenis aki yang disebutkan di atas, teknologi gel merupakan yang terbaru. Gel digunakan sebagai cairan pengganti elektrolit, tujuannya agar dapat mengurangi resiko cairan tumpah ke atas mesin. Berdasarkan survey, aki jenis gel paling banyak dipakai di seluruh dunia. Jenis aki ini juga direkomendasikan oleh perusahaan mobil ternama dunia.
Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+