Ciri-Ciri Bayi yang Sehat

27 Januari 2019

Ciri Ciri Bayi yang Sehat – Setiap bayi mengalami pertumbuhan secara bertahap. Setiap pertumbuhannya akan mengidentifikasi kesehatannya pula. Penting bagi orang tua mengetahui kesehatan bayi secara baik. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Biasanya bayi yang tidak sehat akan memberikan sinyal tersendiri seperti mudah rewel, enggan makan atau tidak merespon secara baik. Penting sekali mengetahui apa saja ciri-ciri bayi yang sehat. Salah satunya adalah pertumbuhan badannya yang signifikan.

Bayi yang sehat akan mengalami pertumbuhan badan secara normal. Pertumbuhan badan ini terjadi karena sel syaraf, otot dan tulangnya tumbuh aktif dengan dicukupinya kebutuhan gizinya. Namun ciri bayi sehat juga bisa diidentifikasi dari gejala psikisnya seperti merasa tenang dengan sentuhan, mampu merespon suara, dan lain-lain. Bagi Anda para orang tua kenali terlebih dulu apa saja ciri-ciri bayi sehat yang selengkapnya akan diulas lebih lanjut di bawah ini.

Beberapa Ciri Bayi yang Sehat

Ciri-Ciri Bayi yang Sehat

Ciri-Ciri Bayi yang Sehat

1. Bayi merasa tenang oleh sentuhan dan suara Anda

Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa hubungan emosional Anda dan bayi berjalan baik. bayi yang baru lahir akan menangis dan menjadi hal yang wajah. Namun ketika digendong dan atau dibedong ia akan merasa tenang kembali. Hal ini bisa menjadi pertanda hubungan emosional Anda dan bayi cukup baik dan kecerdasan emosinya berkembang baik.

2. Mengganti popok bayi 8-10 kali dalam sehari

Asupan makanan yang cukup bisa ditandai dengan popoknya yang sering basah. hal ini sebanding dengan kadar ASI yang dikonsumsinya. Bayi yang tidak makan dalam jumlah cukup justru tidak sering mengompol atau buang air. lonjakan pertumbuhan bayi juga semakin pesat seiring dengan bertambahnya waktu. jika bayi dalam kondisi sakit ia akan enggan jika diberikan ASI.

3. Mengenal suara dan bau

Pendengaran dan fungsi indera penciuman bayi terlihat normal jika ia mampu mengenali suara dan bau. Otaknya mulai bisa membedakan suara. Namun butuh beberapa minggu untuk menyaring white noise dari yang ia dengar sehari-hari. Begitu bayi bereaksi terhadap suara ia akan mencari sumber suara tersebut dan kita bisa mengidentifikasi kesehatan indera pendengaran dan penciumannya.

4. Lebih jarang menangis dan tidur teratur

Sistem saraf yang mulai matang bisa ditandai dengan mulai jarangnya menangis dan tidur lebih teratur pada bayi. bayi akan mengalami tidur malam yang lebih nyenyak. Sistem sarafnya akan menyesuaikan dengan rutinitas hariannya. Sebagian bayi mencapai titik tersebut dengan cepat dan sebagian lain memerlukan waktu hingga 4 bulan bahkan lebih. Jika pada usia 4 bulan rutinitas tidurnya tidak dapat diprediksi bisa menjadi pertanda kesehatan tersendiri pada bayi.

Itulah beberapa ciri bayi sehat yang bisa Anda ketahui. Semoga membantu Anda mengidentifikasi kesehatan bayi dari hal-hal kecil yang ia lakukan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+