Faktor Penyebab Anak Susah Makan

1 Februari 2019

Faktor Penyebab Anak Susah Makan – Susah makan tidak boleh Anda biarkan begitu saja pada si kecil. Jika hal ini terus berlanjut akan membuat kebutuhan gizinya tidak tercukupi. Akibatnya buah hati akan mengalami masalah pada perkembangannya. Penyebab susah makan banyak sekali faktornya. Bisa dari dalam maupun dari luar. Bisa jadi penyebab utama susah makan pada anak karena ia merasa bosan dengan makanan yang diberikan. Cobalah untuk memvariasikan pilihan makanannya sehingga anak-anak lebih bersemangat untuk makan.

Atau bisa jadi karena ia merasa tertekan oleh suatu hal sehingga mempengaruhi keinginannya untuk makan. Untuk mengatasinya secara tepat Anda wajib mengetahui penyebab anak susah makan secara pasti. Jika penyebabnya sudah Anda ketahui solusi untuk mengatasinya menjadi lebih tepat. Tumbuh gigi juga bisa menjadi penyebab anak susah makan karena faktor tidak nyaman dalam tubuhnya. Kenali apa saja penyebab anak susah makan yang akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Penyebab Anak Susah Makan

Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Faktor Penyebab Anak Susah Makan

1. Picky Eater

Picky eater merupakan kebiasaan memilih-milih jenis makanan tertentu. Umumnya hal ini terjadi di rentang usia 2-3 tahun dan bisa berlanjut hingga usia 6 tahun. Tahapan ini merupakan normal adanya karena pada dasarnya anak-anak di usia ini akan cenderung lebih pemilih. Picky eater bisa pula disebabkan karena gangguan area mulut seperti sensor motorik oral atau pertanda bahwa anak sedang sakit. Menciptakan suasana makanan yang menyenangkan dan tidak memaksanya akan membuat anak-anak tidak lagi memilih-milih makanan.

2. Makan diemut

Ada anak yang tak kunjung menelan makanan yang sudah didalam mulutnya karena ia hanya mengemut makanan tersebut. Faktor penyebabnya bisa beragam salah satunya tumbuh gigi, sariawan, radang tenggorokan, dan lain-lain. Karena ada masalah sensorik di mulut dan pencernaan mem buat anak-anak enggan menelan makanannya. Merasa bosan dengan makanan yang disajikan juga bisa menjadi penyebab lainnya.

3. Alergi makanan

Penyebab lainnya untuk anak susah makan adalah faktor alergi. Alergi dipengaruhi oleh faktor genetik atau sistem pencernaan yang belum matang. Pada usus terdapat gerak peristaltik yang menghalangi alergen masuk tubuh namun pada anak-anak fungsi tersebut belum terlalu matang sehingga rentan terkena alergi. Hindari makanan pemicu alergi dan ciptakan suasana makanan yang menyenangkan untuk mengantisipasi anak susah makan.

4. Tumbuh gigi

Anak yang susah makan juga bisa disebabkan sedang mengalami tumbuh gigi. Tumbuh gigi akan mempengaruhi metabolisme tubuhnya sehingga minat untuk makan akan berkurang. Oleh karena itu untuk anak yang tumbuh gigi sebaiknya diperhatikan secara khusus sehingga proses tumbuh giginya berjalan normal dan berikan makanan yang sekiranya tidak menyakiti area mulut dan giginya.

5. Sering mengkonsumsi camilan

Banyak mengkonsumsi camilan bisa menjadi penyebab lainnya anak yang susah makan. Oleh karena itu cermati camilan apa yang dimakan buah hati Anda. Pastikan memiliki gizi yang cukup sehingga anak akan mendapatkan nutrisi yang seimbang meskipun mengkonsumsi camilan. Buatlah jadwal makan camilan dan makan reguler setiap harinya agar anak-anak tidak berlebihan makan camilan.

Itulah beberapa faktor penyebab anak susah makan yang perlu Anda perhatikan. Selain itu susah makan juga bisa menjadi sinyal negatif adanya penyakit pada tubuh anak sehingga sebagai orangtua mesti memperhatikan lebih khusus.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+