Lakukan Ini Agar Rumah Dijual Cepat Laku

4 Desember 2018

Rumah merupakan salah satu investasi property yang cukup diminati banyak masyarakat. Keuntungan yang diraih tentunya tidak sedikit, hal ini lah yang menyebabkan banyak masyarakat dengan senang menjual rumahnya ketika sudah beberapa tahun dimiliki. Alasan seseorang menjual rumah tidak hanya untuk meraup untung dari jual rumah di Bali saja, bisa saja ada kebutuhan yang mendesak mereka untuk terpaksa menjual rumah tersebut. Selain itu menjual rumah lama adalah salah satu cara terbaik ketika ingin membeli rumah baru. Kamu juga tidak perlu menunggu waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan calon pembeli. Kamu hanya perlu menyiapkan strategi terbaik untuk menemukan calon pembeli yang tepat. Berikut ini strategi yang perlu dipersiapkan ketika ingin menjual rumah:

Lakukan Ini Agar Rumah Dijual Cepat Laku

Lakukan Ini Agar Rumah Dijual Cepat Laku

Lakukan Ini Agar Rumah Dijual Cepat Laku

Bersihkan Rumah Secara Keseluruhan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan rumah secara keseluruhan. Calon pembeli tidak mau mengunjungi rumah yang kotor. Akan tetapi, jika rumah tersebut bersih dan tertata rapi, pembeli akan dengan senang hati mengunjungi dan membuat penawaran. Mulailah dari bagian yang mudah dibersihkan. Setelah itu, lanjut ke bagian yang sulit dibersihkan, misalnya sela-sela rumah atau bagian sudut. Hal yang perlu Kamu persiapkan untuk melakukan pekerjaan ini adalah tenaga yang cukup. Kamu bisa meminta bantuan kepada tema atau kerabat untuk melakukannya bersama-sama atau mengkerahkan seluruh anggota keluarga. Bersih-bersih sambal bersenang-senang dengan keluarga.

Minta Bantuan Orang Lain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kamu berhak meminta bantuan orang lain untuk membersihkan seisi rumah, terlebih lagi jika ukuran rumah sangat besar. Sebelum meminta bantuan pihak ketiga, lebih baik meminta bantuan anggota keluarga. Hal ini akan menekan pengeluaran karena Kamu tidak perlu membayar anggota keluarga selama proses bersih-bersih. Situasi yang berbeda ketika meminta bantuan jasa cleaning service, Kamu perlu menyiapkan dana untuk membayarnya.

Perbaiki Rumah yang Rusak

Rumah yang lama ditempati biasanya akan memiliki sedikit kerusakan. Mulai dari keran air, lampu hingga bagian atap rumah. Sebelum menjual rumah, ada baiknya perbaiki bagian yang telah rusak. Hal ini akan meningkatkan harga jual rumah di Bali dan membuat calon pembeli lebih tertarik. Kebanyakan pembeli lebih senang melihat kondisi rumah yang bagus. Artinya, tidak terdapat kerusakan yang signifikan pada rumah tersebut. Karena itu, Kamu perlu menyiapkan modal yang cukup sebelum melakukan perbaikan. Semakin besar tingkat kerusakan biasanya akan membutuhkan dana yang lebih besar. Tidak perlu melakukan perbaikan yang berlebihan cukup seperlunya saja.

Mengecat Ulang Seisi Rumah

Selain memperbaiki bagian yang rusak, Kamu juga dapat mengecat seisi rumah dengan warna yang menarik. Apalagi jika warna rumah sudah mulai pudar. Pilihlah warna cat yang banyak disukai orang, misalnya warna putih, abu-abu, atau warna cokelat. Pilih warna yang umum dan hindari warna yang terlalu terang karena tidak semua orang menyukai warna terang. Untuk mendapatkan warna yang pas, lakukan pencarian pada warna properti yang paling diminati. Kamu bisa menyamakan warna cat rumah dengan rumah pada umumnya. Intinya, pilihlah warna cat yang membuat situasi rumah lebih hangat dan membuat calon pembeli merasa hangat untuk tinggal di dalamnya. Usahakan cat rumah dengan warna netral seperti putih misalnya. Karena siapa tahu bila pembeli ingin membuat warna rumah yang sesuai dengan keinginannya.

Tata Furnitur dengan Baik

Bila kamu ingin jual rumah dengan beserta isinya hal ini perlu untuk dilakukan. Menggeser dan memindahkan furnitur dibutuhkan sebelum mulai melakukan pengecatan Setelah pengecatan selesai, tata ulang furnitur tersebut dengan baik. Kamu bisa menata properti tersebut berbeda dengan tata ruang sebelumnya untuk mendapatkan suasana baru. Selain itu, singkirkan bagian yang tidak penting. Misalnya, bingkai foto dan koleksi lukisan.

Berikan Pencahayaan Natural

Rumah yang menarik adalah rumah yang memiliki pencahayaan yang bagus. Cahaya yang baik mampu menunjukkan seisi rumah dan mampu membuat rumah terlihat lebih mewah. Tata letak furnitur sangat memengaruhi proses ini. Oleh sebab itu, sesuaikan tata letak furnitur dengan pencahayaan untuk mendapatkan kesan yang minimalis dan luas.

Hubungi Broker

Untuk mempercepat proses penjualan, Kamu membutuhkan jasa broker untuk melakukan promosi. Dengan bantuan broker, Kamu juga tidak perlu repot untuk mencari pembeli karena broker akan membantumu untuk menemukan calon pembeli tersebut.Untuk mendapatkan broker yang tepat, mintalah saran teman atau lakukan pencarian di internet. Apabila sudah menemukannya, hubungi broker tersebut untuk melakukan kerja sama. Berikan fee yang menarik kepada calon broker agar ia tertarik untuk bekerja sama. Jangan lupa juga untuk menanyakan cara meningkatkan nilai jual rumah kepada broker tersebut. Sebab broker sangat lihai dalam hal peningkatan harga jual rumah di Bali.

Itulah cara yang perlu dilakukan sebelum menjual rumah. Pastikan Kamu memerhatikan seisi rumah dengan teliti untuk meningkatkan nilai jualnya. Untuk mempercepat proses penjualan, Kamu juga bisa bergabung dalam pelelangan rumah untuk mendapatkan calon pembeli yang lebih banyak.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+