Macam-macam Imunisasi Ibu hamil dan Manfaatnya

16 Februari 2019

Macam-macam Imunisasi Ibu hamil dan Manfaatnya – Menjaga kesehatan bagi ibu hamil memang sangat penting demi keberlangsungan masa hamil dan janin dikandungnya. Salah satu menjaga kesehatan selama hamil adalah dengan melakukan imunisasi. Namun selain menerapkan imunisasi, ibu hamil diharapkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan biasakan melakukan olahraga setiap hari secara ringan.

Ada baiknya seorang ibu hamil menghindari kegiatan atau aktivitas yang bisa membahayakan keselamatan janin. Tentu saja hanya dengan melakukan imunisasi ibu hamil akan selalu terjaga dari kesehatan setiap harinya. Paling tidak lakukan imunisasi sesuai petunjuk dokter kandungan maupun bidan. Nah, inilah macam-macam imunisasi ibu hamil dan manfaatnya.

Ketahui Jenis Imunisasi Ibu hamil dan Manfaatnya

Macam-macam Imunisasi Ibu hamil dan Manfaatnya

Macam-macam Imunisasi Ibu hamil dan Manfaatnya

1. Imunisasi TT (Tentanus Toksoid)

Imunisasi TT (Tentanus Toksoid) merupakan jenis imunisasi bagi ibu hamil dan janin untuk mencegah penyakit tetanus. Para ibu hamil harus mengetahui bahwa tetanus bisa menginfeksi janin yang ada di dalam kandungan. Rupanya pada kasus yang semakin parah bisa menyebabkan kematian pada janin tersebut. Apabila ibu hamil tidak melakukan imunisasi, kemungkinan besar bayi sangat berisiko terkena infeksi tetanus sesaat setelah tali pusar dipotong. Paling tidak ibu hamil melakukan imunisasi TT atau Tentanus Toksoid.

2. Imunisasi Hepatitis B

Imunisasi hepatitis B memang penting untuk dilakukan oleh ibu hamil dalam mencegah infeksi virus hepatitis yang bisa menyebabkan penyakit hati pada bayi. Pastinya Anda tidak menginginkan bayi Anda terkena penyakit hati selama masa hidupnya, bukan? Imunisasi ini berguna untuk mencegah penyakit kuning pada bayi setelah lahir. Imunisasi hepatitis B disarankan untuk diberikan pada usia kehamilan pertama, kedua dan keenam agar bayi Anda terhindar dari masalah penyakit hepatitis B.

3. Imunisasi Meningicoccal

Imunisasi meningococcal yang memang dirasa penting bagi ibu hamil. Adapun manfaat imunisasi meningococcal yaitu untuk mencegah penyakit meningitis atau radang selaput otak pada bayi.  Tentu saja imunisasi jenis ini hendaknya diberikan pada ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama. Dengan begitu, melakukan imunisasi seperti ini akan menghindarkan bayi dari penyakit radang selaput otak  pada masa hidupnya.

4. Imunisasi Influenza

Selanjutnya imunisasi pada ibu hamil yang sangat dianjurkan adalah imunisasi influenza. Adapun tujuan dari ini yakni pemberian imunisasi ini yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin dari serangan infeksi virus yang bisa menyebabkan flu. Apabila dilakukan sesuai jadwal maka imunisasi ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan, bahkan hingga usia 6 bulan.

5. Imunisasi MMR

Selama masa hamil memang disarankan untuk mendapatkan imunisasi cacar air dan MMR. Namun sebelum melakukan imunisasi MMR, sebaiknya ibu hamil  berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Jika imunisasi tidak dilakukan dengan cara yang tepat maka sangat berisiko akan berdampak terhadap perkembangan janin dalam kandungan.

Nah, itu dia macam-macam ibu hamil dan manfaatnya. Semoga saja bisa bermanfaat bagi Anda dan dijadikan informasi menarik bagi Anda semua. Selalu menjaga kesehatan calon bayi Anda dalam kandungan selama hamil.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+