Macam-macam Senam yang Aman untuk Ibu Hamil 8 Bulan

23 September 2018

Macam-macam Senam yang Aman untuk Ibu Hamil 8 Bulan – Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika senam adalah jenis olahraga yang menyehatkan. Tentu saja gerakan senam ibu hamil akan membantu memudahkan persalinan nantinya, apalagi jika dilakukan pada ibu hamil usia 8 bulan. Namun ingat lakukan senam yang bersifat ringan tanpa harus memberatkan ibu hamil hingga membuatnya terasa lebih lelah.

Perlu diketahui bahwa ibu hamil harus melakukan senam sesuai intruksi dari ahlinya. Mungkin sebelumnya bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan tentang jenis senam yang cocok dilakukan. Selain itu, lakukan bersama dengan intrukstur senam agar tetap dalam pengawasan yang aman. Inilah macam-macam senam yang aman untuk ibu hamil usia kandungan 8 bulan.

Jenis Senam yang Aman untuk Ibu Hamil 8 Bulan

Macam-macam Senam yang Aman untuk Ibu Hamil 8 Bulan

Macam-macam Senam yang Aman untuk Ibu Hamil 8 Bulan

1.Kupu-Kupu

Gerakan senam kupu-kupu yang satu ini memang sangat unik. Akan tetapi, gerakan pose senam kupu-kupu tidak begitu sulit. Mungkin bagi ibu hamil diperlukan untuk melakukan duduk di lantai misalnya bersila. Akan tetapi, tetap disatukan telapak kaki Anda seperti sedang bertepuk tangan. Setelah telapak kaki kanan dan kiri bersatu, maka doronglah lutut ke arah lantai. Jika sudah lakukan gerakan pose kupu-kupu secara berulang-ulang dalam satu sesi senam.

2. Berjalan Kaki

Gerakan senam memang akan sangat membantu ibu hamil mempersiapkan masa kelahirannya. Bagi Anda yang sedang hamil, sebaiknya sejak awal Anda harus menyiapkan segala sesuatu untuk buah hati Anda di dalam kandungan, termasuk menyiapkan diri Anda sendiri. Berjalan kaki merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh bagi janin dalam kandungan. Berjalan kaki setiap hari dapat dilakukan, entah untuk pergi ke suatu tempat hanya berkeliling rumah.

3. Duduk Bersila

Senam hamil 8 bulan yang pertama adalah duduk bersila, jadi Anda dapat melakukannya hanya dengan duduk di atas matras atau di atas lantai. Sebaiknya posisikan tubuh Anda duduk bersila dan letakkan kedua tangan di atas paha. Paling tidak lakukan gerakan ini seperti saat Anda melakukan meditasi yoga. Buatlah jiwa dan pikiran Anda setenang mungkin sambil mengatur napas. Hirup napas dalam-dalam, kemudian hembuskan secara perlahan. Lakukan latihan pernapasan ini secara rutin.

4. Merangkak

Mungkin Anda dapat melakukan latihan dengan posisi seperti sedang merangkak. Setelah posisi tubuh sudah siap, cobalah kempiskan perut Anda dan kerutkan juga dubur. Gerakan berikutnya posisi merangkak ini adalah gerakan mengejan. Tarik napas dengan mulut terbuka, lalu tiup napasnya namun dalam kondisi mulut tertutup. Lakukan gerakan tersebut kurang lebih 8 kali dalam satu sesi senam. Latihan ini dilakukan untuk mempersiapkan otot-otot bagian bawah tubuh.

5. Jongkok

Satu lagi senam dengan posisi duduk dan merangkak, yakni bisa dilakukan dalam posisi jongkok. Mulailah dengan posisi tubuh tegak dan lurus, setelah itu jongkoklah secara perlahan namun pertahankan posisi punggung yang lurus. Akan tetapi, tahan posisi ini selama beberapa menit untuk melatih kekuatan otot paha dan panggul Anda serta untuk merenggangkan otot-otot tersebut.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+