Manfaat dan Gerakan Senam Kegel untuk Ibu Hamil

1 Maret 2019

Manfaat dan Gerakan Senam Kegel untuk Ibu Hamil – Ibu hamil memang harus senantiasa melakukan senam agar badan tetap sehat. Salah satunya adalah menerapkan senam kegel yang biasa dilakukan setiap hari. Paling tidak Anda lakukan senam kegel semaksimal mungkin agar bisa mendapatkan hasil yang baik. Di samping itu, harus diberikan pengawasan secara khusus agar ibu hamil dan janinnya tetap sehat.

Bagi ibu hamil sebaiknya menerapkan senam kegel melalui petunjuk dokter kandungan atau bidan. Apakah memang usia kehamilan telah mendukung dengan dilakukan senam kegel. Pasalnya senam kegel bertujuan untuk melancarkan persalinan nanti agar semakin rileks. Nah, inilah manfaat dan gerakan senam kegel untuk ibu hamil.

Ketahui Manfaat dan Gerakan Senam Kegel Bagi Ibu Hamil

Manfaat dan Gerakan Senam Kegel untuk Ibu Hamil

Manfaat dan Gerakan Senam Kegel untuk Ibu Hamil

Pengertian Senam Kegel

Beragam jenis kegiatan olahraga memang memiliki manfaat secara khusus, terutama senam kegel bagi wanita. Senam bertujuan untuk untuk melatih otot-otot pada tubuh, namun lain halnya  pada senam kegel ini yang biasanya dilakukan oleh wanita memang  bertujuan untuk melatih otot-otot pada bagian tertentu di tubuh wanita. Sementara itu, senam kegel merupakan senam untuk menguatkan otot panggul terutama pada daerah otot yang berhubungan dengan saluran kandung kemih (pubococcygeal).

Nah, perlu disadari bahwa senam kegel dimaksudkan untuk mempermudah persalinan dan juga menjaga agar tidak terjadi ngompol pada saat persalinan nanti. Maka tak heran, jika saat ini senam kegel mulai diminati oleh banyak orang khususnya kaum wanita.

Manfaat Senam Kegel Bagi Ibu Hamil

Senam kegel mungkin masuk dalam salah satu gerakan senam hamil, karena dapat membantu persalinan normal menjadi lebih mudah. Hanya dengan melakukan senam kegel pada saat hamil, maka akan dirasakan beberapa manfaat, antara lain adalah:

  • Mengurangi hemorrhoids pada wanita.
  • Mencegah robeknya perineum.
  • Mencegah ambient ataupun wasir.
  • Mencegah ngompol ketika bersin dan batuk.
  • Mengurangi risiko urinasi, misalnya inkontinensia yakni ketidakmampuan menahan buang air kecil setelah persalinan.
  • Mempermudah proses persalinan, lantaran gerakan senam kegel dapat memperkuat otot dan lebih terkendali.
  • Memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir namun tanpa atau sedikit jahitan.

 

Cara Melakukan Senam Kegel Ibu Hamil

 

  1. Adapun langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengenali otot dasar panggul yang benar dan akan dilatih yakni otot pubococcygeus.
  2. Gerakan awal dapat dimulai dengan cara menahan buang air kecil dan kemudian lepaskan, atau biasanya gerakan tersebut disebut dengan gerakan stop and go.
  3. Kemudian kencangkan atau kontraksikan otot panggul dan tahan sekitar 5 detik, lalu seegra kendurkan secara perlahan.
  4. Lakukan berulang-ulang 10-20 kali. Lakukan minimal 3 kali sehari.
  5. Lakukan secara rutin setiap hari agar hasilnya maksimal.

Bagaimana, Anda sudah tahu Manfaat dan Gerakan Senam Kegel Untuk Ibu Hamil? Semoga saja ulasan di atas bermanfaat bagi Anda semua. Paling tidak Anda lakukan secara teratur di bawah pengawasan ahlinya sehingga tidak khawatir salah gerakan. Selamat mencoba senam kegel.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+