Penyebab Penyakit Tipes dan Pilihan Cara Mengobatinya

23 Maret 2019

Penyakit tipes merupakan jenis penyakit yang dapat terjadi kepada siapa saja. Anda yang menderita penyakit ini akan mengalami gejala sakit kepala, demam yang tinggi sampai 40 derajat, mengalami mual dan muntah. Penting untuk Anda mengetahui penyebab penyakit tipes dan sekaligus dengan pilihan cara mengobatinya yang dapat diterapkan.

Penyebab Penyakit Tipes dan Pilihan Cara Mengobatinya

Penyebab Penyakit Tipes dan Pilihan Cara Mengobatinya

Penyebab Terjadinya Penyakit

1. Makan Sembarangan

Terkadang Anda pasti pernah iseng atau pun tiba-tiba saja ingin mencoba makanan yang ada di pinggir jalan. Nah, makan makanan sembarangan dapat menjadi penyebab terjadinya tipes. Hal ini terjadi karena makanan tersebut tidaklah bersih.

Ini berasal dari kontaminasi feses yang menempel pada makanan. Penting sekali untuk Anda memilih tempat makan yang akan dituju agar mendapatkan makanan bersih. Dari tempat jualan makanan tersebut bisa Anda nilai seberapa besar tingkat kebersihan dari makanan tersebut. Penyebab ini sering terjadi pada anak-anak yang jajan di sekolahan.

2. Makanan Tidak Bersih

Sekali pun Anda memasak makanan sendiri tetap saja kebersihan harus dijaga karena makanan yang tidak bersih dapat menyebabkan tipes. Caranya ketika Anda mengonsumsi makanan ikan yang berasa dari laut yang sudah terkontaminasi tinja dan urine. Anda bisa mengatasinya dengan membersihkan ikan dengan benar dan tepat agar bakterinya dapat dihilangkan.

3. Air Minum yang Kotor

Penyebab penyakit tipes ini juga dapat terjadi karena meminum air yang kotor. Anda perlu mengetahui bahwa penyakit tipes juga bisa menular lewat air minum. Biasanya air yang kotor ini bisa dikonsumsi dari es batu yang dibeli di luar atau minum dingin dengan es batu. Saat Anda akan membeli minuman pastikan tempatnya bersih tanpa ada risiko kuman dan penyakit.

4. Toilet Umum

Bakteri Salmonella penyebab penyakit tipes yang akan menular. Penyebab Anda mengalami sakit tipes juga bisa karena penggunaan toilet umum. Maka dari itu cara untuk menghindari masalah ini adalah dengan menyiram toilet terlebih dahulu sebelum digunakan.

5. Kutu

Kutu juga merupakan penyebab terjadinya penyakit tipes. Bakteri yang menempel pada kutu ini adalah Rickettsia prowazekii. Penyebab tipes ini dapat ditemukan dengan mudah di daerah populasi yang tinggi dan sanitasi buruk yang masih digunakan. Akibatnya jumlah kutu tersebut menjadi semakin banyak.

Cara Mengobati Penyakit Tipes

1. Menggunakan Vaksin

Anda bisa mengobati penyakit tipes dengan menggunakan vaksin. Mulai dari vaksinasi pencegah penyakit yang dilakukan di atas usia dua tahun. Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya dampak lain di dalam tubuh. Vaksinasi ini bisa dilakukan di Posyandu atau pun rumah sakit. Anda bisa menanyakannya langsung kepada bagian yang ahli di bidangnya.

2. Gaya Hidup Sehat

Secara umum masalah tipes terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Jadi penting sekali untuk menerapkan gaya hidup sehat sebagai upaya untuk mengobati penyakit tipes ini. Cara menerapkannya dengan menghindari faktor risiko akan memakan seafood, sayuran, dan susu secara berlebihan.

3. Antibiotik

Anda bisa mengobati penyakit tipes yang terjadi dengan menggunakan antibiotik. Di antaranya yang menjadi pilihan adalah Doxycycline. Ada juga Kloramfenikol yang bisa digunakan oleh ibu yang tidak dalam keadaan hamil. Bisa juga menggunakan anti biotik Ciprofloxacin yang digunakan untuk orang dewasa.

Anda juga bisa mengatasi penyebab penyakit tipes ini dengan menjaga kebersihan tubuh. Gunakan sabun yang dapat membasmi kuman dan bakteri penyebab penyakit. Pilihan sabun terbaik bisa Anda ketahui dengan mengunjungi lifebuoy.co.id untuk mendapatkan informasi kandungan sabun yang terbaik.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+