Inilah Penyebab Produksi Minyak Berlebih di Wajah dan Rambut

3 November 2018

Apakah saat ini Anda sedang mengalami produksi minyak berlebih pada bagian wajah? Atau juga pada bagian rambut? Atau mungkin keduanya? Jika ya, tentu hal ini bisa membuat frustasi. Minyak berlebih pada wajah tidak hanya mempengaruhi penampilan, tapi juga mengganggu kenyamanan, seperti kulit yang berkilau atau rambut yang menempel pada dahi.

Alasan kenapa wajah atau rambut berminyak adalah karena adanya kelebihan produksi sebum oleh kelenjar minyak di lapisan bawah kulit. Sederhananya, penyebabnya adalah karena kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Kelenjar ini dapat terlalu aktif karena beberapa alasan, berikut penyebab produksi minyak berlebih pada bagian wajah dan rambut.

Inilah Penyebab Produksi Minyak Berlebih di Wajah dan Rambut

Inilah Penyebab Produksi Minyak Berlebih di Wajah dan Rambut

Inilah Penyebab Produksi Minyak Berlebih di Wajah dan Rambut. Foto: fashionbeans.com

1. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon umumnya terjadi pada wanita saat mengalami PMS. Hal ini karena androgen di tubuh akan merangsang kelenjar minyak untuk menghasilkan minyak ekstra di sel kulit. Akibatnya, sekresi sebaceous yang meningkat ini akan menyebabkan kulit menjadi lebih rentan terhadap komedo dan jerawat.

2. Kurang Minum Air

Kebanyakan orang sepertinya berpikir bahwa tidak minum cukup air dapat membantu agar kulit tetap kering. Ya, hal tersebut memang benar. Tapi, kulit kering juga berarti bahwa kulit akan berusaha mencegah kekeringannya dengan menghasilkan lebih banyak sebum, sehingga kulit akan memproduksi minyak berlebih.

3. Mengalami Stres dan Kecemasan

Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa ketika stres, rambut dan wajah akan menjadi “mengkilap” karena banyaknya produksi minyak. Hal ini terjadi karena ketika seseorang menjadi tertekan, maka tingkat hormon stres tubuh (kortisol) akan meningkat dan menyebabkan meningkatnya produksi minyak di kulit kepala dan kulit tubuh lainnya.

4. Tidur Larut Malam

Saya pribadi sering melakukan ini, dan ternyata benar, keesokan paginya wajah akan dipenuhi oleh minyak. Jika Anda tidak percaya, silakan coba. Secara logis, hal ini berhubungan dengan alasan pada poin ke-3 terkait tingkat kortisol yang tinggi karena stres dan kecemasan.

5. Gangguan Kesehatan

Pada tingkat yang lebih serius, pasien memiliki kelainan seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) dapat mengalami peningkatan produksi sebum pada kulit, yang menyebabkan rambut dan kulit akan berminyak. Hal ini karena indung telur membuat lebih banyak androgen dari keadaan normal yang pada akhirnya akan merangsang kelenjar minyak menghasilkan minyak berlebih.

6. Faktor Genetik

Hal yang penting adalah faktor genetik. Jika orang tua Anda memiliki rambut dan kulit berminyak, maka kemungkinan Anda juga akan cenderung menunjukkan tanda berminyak yang sama. Sayangnya, tidak banyak yang bisa Anda lakukan pada kondisi ini kecuali merawat rambut dan kulit dengan lebih baik melalui gaya hidup dan selektif terhadap produk yang Anda gunakan.

Nah, itulah penyebab produksi minyak berlebih pada wajah atau rambut. Jika Anda memiliki wajah atau rambut yang berminyak, cobalah untuk mengidentifikasi penyebabnya dari 6 penyebab di atas. Setelah mengetahui penyebabnya, maka segeralah untuk menghindari penyebab-penyebab tersebut. Sekian, semoga bermanfaat 😀

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+