Penyebab Tangan Kesemutan yang Perlu Diwaspadai

9 Desember 2018

Setiap orang menginginkan untuk beristirahat secara teratur dalam setiap harinya. Namun, ada sebagian orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga jam istirahat mereka pun berkurang. Ketika seseorang melakukan istirahat dalam tidurnya, terkadang saat bangun tidur akan merasakan ketidaknyamanan bagian tubuh seperti kesemutan. Kesemutan saat bangun tidur ini sering dialami oleh banyak orang. Selain itu, banyak dari mereka yang mengalami kesemutan saat duduk sila atau jongkok yang terlalu lama. Hal itu diakibatkan terjadi kesemutan karena peredaran darah mereka kurang lancar.

Penyebab Tangan Kesemutan yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Tangan Kesemutan yang Perlu Diwaspadai

Sebagian dari mereka menganggap bahwa kesemutan merupakah hal biasa dan tak perlu di waspadai. Namun, ada juga yang sampai berobat ke dokter untuk bertanya apa penyebab dari kesemutan yang mereka alami. Banyak obat yang ditawarkan untuk mengatasi kesemutan, seperti Neurobion. Neurobion mempunyai kadar vitamin B12 yang sangat baik untuk mengatasi kesemutan pada bagian tubuh seseorang.

Pada dunia medis kesemutan tidak dipandang sebelah mata, kesemutan merupakan gejala awal dari beberapa penyakit yang cukup berbahaya. Penyebab tangan kesemutan yang harus diketahui banyak orang antara lain, adanya penyakit diabetes, penyakit diabetes dapat ditandai dengan munculnya kesemutan yang diakibatkan karena kadar gula yang menumpuk dalam aliran darah dan mengakibatkan tekanan. Selain itu kesemutan bisa juga karena potensi mal nutrisi, mal nutrisi atau kekurangan nutrisi dalam tubuh dapat diatasi dengan konsumsi makanan seuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh. Ketika seseorang kekurangan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh, mereka cenderung akan merasakan kesemutan di bagian tubuhnya, seperti tangan.

Kesemutan memiliki banyak penyebab lainnya, salah satu penyebab lain yaitu adanya cedera pada tangan akan menjadikan tangan kesemutan. Hal ini dimungkinkan karena adanya aliran darah yang kurang lancar. Misalkan seperti seseorang yang pernah mengalami kecelakaan, mereka akan merasakan kesemutan pada bagian tangannya ketika peredaran darah di tangan kurang lancar. Trauma yang dialami seseorang saat kecelakaan pun seperti patah tulang membuat sebuah cedera pada saraf yang akan mengakibatkan kesemutan di tangan. Hal lainnya yaitu adanya saraf terjepit pun dapat menjadi penyebab kesemutan, saraf yang terjepit ini dapat ditandai dengan adanya kesemutan di tangan, ketika terdapat saraf yang terjepit akan mengakibatkan pengaruhnya ke tangan seseorang.

Mandi larut malam tak banyak dipedulikan oleh seseorang, padahal mandi larut malam dapat mengundang adanya penyakit rematik. Rematik merupakan salah satu penyakit yang sering didengar oleh kalangan banyak orang. Penyakit ini diakibatkan karena seringnya mandi larut malam dan dapat ditandai adanya kesemutan di tangan.

Tangan kesemutan dapat diatasi dengan berbagai obat yang ada di apotek, salah satunya adalah Neurobion. Neurobion dapat mengatasi kesemutan pada tangan sampai gejala-gejala penyakit lainnya yang dapat mengganggu aktivitas dalam sehari-hari. Obat ini diproduksi oleh PT. Merck dan untuk mendapatkan produknya sudah banyak toko yang menjualnya. Obat ini sangat penting untuk metabolisme dalam tubuh terutama digunakan pada saraf perifer dan pusat. Neurobion merupakan vitamin untuk gangguan saraf dan gangguan fungsi lain (metabolik).

Dosis yang dapat digunakan untuk orang dewasa yaitu satu tablet dalam jangka waktu 12 jam, sedangan anak-anak tidak dapat mengonsumsi Neurobion ini karena adanya kandungan vitamin B kompleks yang sangat tinggi. Maksimalkan penggunaan obat Neurobion untuk obati tangan kesemutan. Pemakaian multivitamin dosis yang lebih dari 50 mg dalam jangka panjang harus tetap dalam pengawasan dokter.

Efek samping dari penggunaan obat Neurobion yaitu dapat menimbulkan muntah atau sakit perut, dan sebaiknya segera hubungi dokter atau bantuan medis lainnya jika menimbulkan efek yang lebih memburuk. Selain itu, efek yang akan ditimbulkan lainnya adalah gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare atau sakit perut yang akan dialami. Hal lainnya yang dapat ditimbulkan dalam mengonsumsi Neurobion ini berupa gatal-gatal, kulit merah, bengkak, dan lainnya sehingga perlu dalam dosis yang sesuai dan pengawasan dari medis.

Kesemutan sendiri dapat dilihat dari berbagai aspeknya, kesemutan dapat dikatakan tidak berbahaya ketika itu hanya peredaran darah yang kurang lancar saja. Namun, jangan sesering mungkin melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan kesemutan, seperti duduk sila yang terlalu lama. Sebaiknya segera berpindah posisi ketika sudah merasakan kesemutan.

Saat seseorang mengalami gejala kesemutan yang terus menerus dan tidak berangsur pulih, sebaiknya segera melakukan tindakan yang lanjut untuk menghubungi dokter maupun ke rumah sakit terdekat. Cara pertama ketika sering mengalami kesemutan dapat diatasi dengan obat neurobion. Namun, tetap pada dosis yang dianjurkan dan jangan berani untuk melebihi dosis tanpa dengan arahan dokter karena dosis pada obat Neurobion pun cukup besar. Semoga bagi kalian yang pernah mengalami kesemutan tidak sampai kesemutan yang parah ya.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+