Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan Syariah

2 April 2019

Asuransi kesehatan syariah menjadi produk asuransi yang semakin digemari masyarakat karena memiliki banyak keuntungan. Apalagi jika Anda seorang muslim, memilih asuransi berbasis syariah pastinya sudah menjadi panggilan langsung dari hati.

Meskipun memiliki tujuan yang sama dengan asuransi konvensional, beberapa orang lebih memilih asuransi syariah. Di bawah ini adalah hal-hal yang menjadi pertimbangan mengapa seseorang lebih memilih asuransi kesehatan syariah daripada yang konvensional.

Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan Syariah

Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan Syariah

Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan Syariah

1. Lebih adil

Asuransi syariah menggunakan konsep tolong-menolong. Dengan membeli asuransi syariah, berarti Anda telah mendonasikan sebagian dana Anda untuk nasabah lain yang terkena musibah.

Selain itu, sistem yang digunakan oleh asuransi syariah adalah risk sharing, yaitu risiko menjadi tanggung jawab bersama. Baik pihak nasabah maupun pihak perusahaan tidak merasa terbebani dengan risiko yang harus ditanggung karena risiko yang ditanggung menjadi tanggungan bersama sehingga lebih adil.

2. Lebih transparan

Asuransi berbasis syariah memberikan informasi yang lebih lengkap dan detail. Anda akan mendapatkan informasi mengenai untung dan rugi memilih asuransi syariah tersebut.

Anda juga akan mendapatkan penjelasan mengenai proses pengelolaan dana yang Anda setorkan. Hal inilah yang membedakan dengan asuransi konvensional, di mana dana 100% menjadi milih perusahaan dan dikelola sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

3. Terjamin kehalalannya

Semua asuransi syariah memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS). Fungsinya adalah mengawasi transaksi syariah yang ada agar terjamin kehalalannya. Jadi Anda tidak perlu khawatir pengelolaan dana asuransi kesehatan syariah akan dicampur dengan metode konvensional.

4. Dana tidak akan hilang

Mungkin yang Anda tahu tentang asuransi adalah ada dana yang tidak bisa kembali ketika sudah dibayarkan. Hal ini tidak berlaku di asuransi berbasis syariah. Di sini, dana yang Anda setorkan tidak akan hilang atau hangus.

Perusahaan juga tidak akan menggunakan uang tanpa seizin dari yang punya dana. Jadi dana yang Anda bayarkan akan sepenuhnya menjadi milik Anda sesuai dengan akad yang sudah disepakati.

Itulah 4 hal yang menjadi pertimbangan seseorang lebih memilih asuransi kesehatan syariah daripada konvensional. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Mungkin Anda memiliki pertimbangan lain dalam memilih jenis asuransi kesehatan.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+