Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Saat Usia 9 Bulan

22 Oktober 2018

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Saat Usia 9 Bulan – Perkembangan janin pada usia 9 bulan memang harus perlu dipersiapkan betul. Ketika janin memasuki usia 9 bulan, maka akan mengalami pertumbuhan dan juga pematangan organ yang belum matang. Tentu saja hal semacam inilah yang sangat diperlukan oleh janin guna melanjutkan hidup di dunia. Maka dari itu, penting bagi ibu hamil menjaga pola makan dan gaya hidup dengan baik.

Ibu hamil biasanya akan kerap mengalami stress pada janin memasuki usia 9 bulan. Cemas akibat janin dalam kandungan akan segera dilahirkan. Selain itu, ibu hamil diharuskan untuk tetap focus dengan berat badan janin agar bisa melalui proses persalinan nantinya. Nah, inilah beberapa info penting dari pertumbuhan dan perkembangan bayi saat usia 9 bulan.

Ketahui Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Saat Usia 9 Bulan

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Saat Usia 9 Bulan

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Saat Usia 9 Bulan

1. Minggu ke 37

Jika kehamilan Anda memasuki usia kandungan 9 bulan, maka pada usia ini bayi dalam rahim Anda sudah berada pada bagian lubang panggul dan disangga oleh tulang panggul. Namun biasanya kepala bayi pada usia minggu ini telah penuh dengan rambut sepanjang kurang dari lebih 3,5 cm. Bahkan, sebagian lain tidak memiliki rambut atau bulu rambutnya tidak tumbuh sekalipun. Sementara itu, rambut halus yang menyelubungi bayi telah hilang, ditelan dan akan disimpan bayi pada ususnya.

2. Minggu ke 38

Pada minggu kedua usia kehamilan di bulan terakhir akan membuat berat badan janin semakin berkembang secara baik. Begitu pula dengan panjang tubuh si kecil yang terus bertambah setiap waktunya. Namun saat ini seluruh organ bagian tubuhnya telah tumbuh dengan sempurna dan berada ditempat yang seharusnya. Bukan hanya itu, paru-paru pada perkembangan termasuk organ yang paling lambat mencapai kematangan. Seiring dengan perkembangan dan pertambahan usianya organ ini akan dapat berkembang secara lebih baik.

3. Minggu ke 39

Mungkin bayi yang lahir dengan berat badan 3 kg akan mencapai 50 cm. Pasalnya lapisan vernix caseosa yang selama ini melindungi kulit si kecil dalam rahim sudah mulai meluruh dan membuat cairan ketuban yang sebelumnya jernih berubah menjadi lebih keruh. Bahkan telah terjadi pertumbuhan bulu di kepala atau rambut kini sudah semakin menebal. Sama halnya dengan bagian kuku-kukunya yang sudah semakin memanjang. Namun umumnya pihak medis akan memberikan opsi menunggu sekitar dua minggu lagi jika bayi belum kunjung lahir pada tanggal perkiraan.

4. Minggu ke 40

Rupanya usia minggu terakhir bulan ke 9 maka sebagian besar bayi telah lahir. Namun bayi Anda belum saja lahir, sebab kondisi ini wajar selama tidak ada gangguan pada kandungan Anda.  Perkembangan bayi yang mulai sering menghisap jempolnya, sama seperti nantinya ia akan mencari payudara ibu untuk dapat menyusu. Selain itu, tubuh Anda akan terus memproduksi cairan ketuban meskipun dalam kadar sedikit hingga si kecil lahir ke dunia.

Itulah sekilas info penting dari Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Saat Usia 9 Bulan. Semoga dapat menambah referensi pengetahuan Anda.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+