Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

29 Juli 2017

Hidup di zaman sekarang memang terasa sulit untuk bisa mengatur waktu tidur sesuai dengan anjuran yang telah direkomendasikan, yaitu antara 7 hingga 8 jam setiap harinya. Terkadang ada banyak alasan yang membuat seseorang harus tetap terjaga hingga waktu yang begitu larut. Entah itu masalah pekerjaan yang belum terselesaikan, tugas yang harus segera dikumpulkan dan masih banyak lagi kegiatan yang begitu menyita waktu Anda untuk bisa segera beristirahat. Dan terkadang akibat dari adanya depresi, stres, kecemasan dan ketakutan juga akan membuat Anda susah untuk cepat-cepat terpejam.

Apabila Anda sering merasa lelah, lesu, hingga ketiduran di saat Anda sedang beraktivitas maka hal tersebut dapat diartikan bahwa Anda tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Jika Anda merasa kesulitan untuk bisa tidur dengan nyenyak, maka cobalah untuk mengikuti beberapa tips agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, dengan mengikuti ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Efektif Agar Bisa Tidur Dengan Nyenyak

Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

1. Mandi dengan Air Hangat

Untuk Anda yang mengalami kesulitan tidur, maka cobalah untuk mandi air hangat sebelum tidur. Saat malam hari pendinginan tubuh biasanya akan membuat tubuh terasa nyaman sehingga membuat Anda cepat untuk terlelap. Akan tetapi jika kondisi kamar cenderung panas maka akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Dengan mandi air hangat akan membantu menurunkan temperatur tubuh secara alami sekaligus membantu menenangkan otot tubuh sehingga akan membuat tidur menjadi lebih pulas, dan merasa segar di saat pagi harinya.

2. Hindari Makan Malam Dekat dengan Waktu Tidur

Sebaiknya untuk mendapatkan tidur yang lebih pulas dan berkualitas, mulai sekarang cobalah atur waktu makan malam Anda. Hindari makan malam yang berdekatan dengan jam tidur Anda, karena proses mencerna makanan membutuhkan waktu yang cukup lama, agar makanan bisa dicerna secara sempurna. Tidur setelah makan akan membuat asam lambung meningkat dan akhirnya menimbulkan sakit maag.

3. Jangan Mengkonsumsi Minuman yang Mengandung Kafein

Sebaiknya agar bisa tidur lebih pulas dan berkualitas, maka Anda perlu untuk menghindari mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein sebelum waktu tidur. Karena minuman-minuman tersebut akan membuat Anda menjadi susah untuk terlelap, dan justru akan mengidap gangguan insomnia.

4. Melakukan Yoga atau Meditasi

Melakukan yoga atau meditasi selama 10 menit sebelum tidur akan membuat Anda bisa segera merasa kantuk dan berkeinginan untuk segera tidur. Sebab meditasi atau yoga yang Anda lakukan dapat membantu menenangkan pikiran dari segala beban yang sudah seharian mengganggu Anda.

5. Mengatur Suhu Kamar

Sebaiknya aturlah suhu kamar agar kondisinya bisa membuat Anda merasa nyaman, sehingga dapat tidur dengan nyenyak. Anda juga bisa tidur dengan telanjang untuk membantu mendapatkan rasa nyaman di saat tidur.

6. Jauhkah Ponsel

Pada malam hari, kelenjar pituitary dalam tubuh secara alami akan memproduksi hormon melatonin yang akan membuat Anda merasa kantuk. Sehingga cobalah untuk segera mematikan lampu dan menjauhkan ponsel Anda, agar secepatnya Anda bisa terlelap. Terus aktif bermain handphone saat akan menjelang tidur akan membuat pikiran Anda terus bekerja, dan akhirnya kelenjar pituitary tidak bisa secepatnya memproduksi hormon yang membuat Anda cepat terlelap.

Itulah beberapa cara untuk bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Agar pikiran jauh lebih tenang lagi di saat akan tidur, maka Anda bisa mencoba mempersiapkan segala kebutuhan kantor atau segala yang Anda perlukan di pagi hari. Sehingga jika semua sudah disiapkan, akan membuat Anda merasa jauh lebih tenang dan tentunya menjadikan tidur Anda lebih pulas.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+